Ngejalang Dan Ngawol| Meriahnya Idul Fitri Di Krui Lampung Barat

"Ayo ke Krui, Ramai suasana Lebaran di sini!", demikian Hefzon Kurnia warga Pesisir Tengah Krui Lampung Barat kepada Mahameru FM tadi pagi Senin 29 Agustus 2011. Pantai-pantai di Krui mulai tanggal 1 Syawal sampai 7 Syawal ramai dikunjungi masyarakat dari luar Krui, bahkan dari luar Lampung Barat. Umumnya mereka menikmati indahnya Pantai-pantai tersebut sambil menghabiskan waktu liburan lebaran bersama keluarga atau sahabatnya, demikian kata Hefzon. Tapi kita ingatkan untuk tidak mandi di sembarang tempat. "Kalau sudah ada papan peringatan jangan mandi di tempat tersebut, ya jangan dilanggar, karena berbahaya," demikian tegas Hefzon

Hefzon juga mengatakan bahwa tradisi yang cukup meriah di hari Lebaran adalah "Ngejalang" ( Ziarah kubur Bersama-sama). Beberapa Tempat Pemakaman Umum TPU seperti TPU Puncak Rawas ( tempat pemakaman keluarga besar masyarakat Pulau Pisang), TPU Pulau Balak Pasar Ulu Krui dan TPU Way Suluh sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat Krui mulai tanggal 1 Syawal sampaidengan 2 Syawal. Sambil membersihkan kuburan , mereka juga mendoakan bersama-sama keluarga atau kerabatnya yang telah wafat. Umumnya mereka adalah masyarakat setempat juga para keluarga yang bertempat tinggal di Luar Kabupaten Lampung Barat , dari Jakarta,Palembang dan lain-lain.Jadi sekalian bersilaturahmi di tempat tersebut.Biasanya para ibu-ibu membawa makanan dalam "Pahar " (nampan kuno yang di taruh di kepala),kemudian setelah berziarah mereka menikmati makanan tersebut bersama-sama. " Ini tentunya menjadi saat-sata yang menyenangkan untuk selalu diingat," demikian Hefzon.Hampir di seluruh pekon/desa ada tradisi "Ngejalang" ini.

Yang takalh hebohnya adalah Tradisi "Ngawol" ( Halal-Bihalal muda/mudi) kegiatan ini sering membuat macet jalanny karena begitu ramainya , kegiatannya bisa berlangsung hingga malam hari. Jadi ayo Ke Krui, sambil nikmati Bakso Ikan yang ada di Labuhan Jukung atau santapan sea-food ( khas tangkapan laut) seperti Ikan Kakap Merah atau sate Ikan Tuhu'( foto Duta Suhanda, @MahameruFMLiwa Lampung Barat)

0 Response to "Ngejalang Dan Ngawol| Meriahnya Idul Fitri Di Krui Lampung Barat"

Posting Komentar