Calon Jemaah Haji Lampung Barat Akan Langsung Menuju Madinah

Berdasarkan Jadwal Pengasramaan Dan Pemberangkatan Jamaah Haji Propvinsi Lampung Tahun 2011 M/ 1432 H maka Para Calon Jemaah Haji yang tergabung dalam Kloter 11,12,14,17,18,20,22,25,dan  kloter 27 yang berangkat mulai tanggal 8/10 sampai dengan tanggal 18/10 akan langsung diterbangkan menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azizah Madinah, ini tentunya termasuk para Calon Jemaah haji Lampung Barat yang tergabung dalam kloter 14, sementara kloter 28,30,32, 34 dan kloter 36 yang berangkat mulai tanggal 19/10 sampai dengan tanggal 23/10 akan diterbangkan menuju bandara King Abdul Azis di Kota Jeddah, demikain di ungkapkan HM Bangsawan Kasi Haji dan Umrah Kabupaten Lampung Barat kepada Mahameru FM (06/10/2011).

Bila dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah, para Jemaah Haji menggunakan bus selama sekitar enam jam menuju ke Madinah maka para Jemaah yang mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azizah Madinah hanya memerlukan waktu tidak sampai1 jam bila menuju lokasi sekitar masjid Nabawi Madinah, karena jarak antara Bandara dan Masjid Nabawi sekitar 26km..

Bandara Pangeran Muhammad (Prince Muhammed) di Madinah adalah bandara yang paling berkembang dan penting di Arab Saudi.Jamaah umroh dan haji yang meningkat sepanjang tahun membuat pemerintah Arab Saudi memperluas Bandara Internasional Pangeran Muhammad di Madinah. Terminal baru di bandara itu mulai beroperasi pada Minggu (7/8/2011).Perluasan Bandara Madinah telah mengurangi tekanan pada King Abdulaziz International Airport (KAIA) di Jeddah, pintu gerbang utama untuk peziarah asing. KAIA sejauh ini telah menerima lebih dari 2,4 juta jamaah selama musim umroh, meningkat 109 persen dibandingkan tahun lalu. Para jamaah tiba dengan menggunakan 14.200 penerbangan.
Di Madinah para Jemaah rata-rata tinggal selama 8 hari, sebagian 9 hari untuk melaksanakan salat ar-ba in, yaitu salat wajib 5 waktu 40 kali berturut-turut. Karena sehari umat Islam diwajibkan melakukan salat 5 waktu, untuk menyelesaikan 40 waktu memerlukan 8 hari. Sebagian memerlukan waktu sembilan hari, terutama jemaah yang datangnya tanggung, hanya kebagian waktu salat Isya saat datang di hari pertama.Tempat tinggal jemaah dengan Masjid Nabawi rata-rata relatif dekat, sekitar 100 sampai dengan 200 meter. Ada sebagian kecil jemaah yang tempat tinggalnya sekitar 500 meter dari masjid. Kualitas bangunan tempat tinggal juga rata-rata bagus, paling sedikit sekelas dengan hotel bintang II atau bintang III.

CJH Lampung Barat direncanakan akan dilepas Bupati Lampung Barat H Mukhlis Basri pada Senin 10 Oktober 2011 pukul 07.00 pagi hari dari Komplek Islamic Center Lampung Barat. Sementara itu Amsir Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Pemkab Lampung Barat berharap para Calon Jemaah Haji beserta keluarganya yang akan ikut menghantar, sudah hadir di Masjid Bintang Emas Islamic Center pukul 05.00Wib dan melaksanakan sholat Subuh berjamaah di masjid tersebut.
( foto Duta Suhanda /  @MahameruFMLiwa Lampung Barat)

0 Response to "Calon Jemaah Haji Lampung Barat Akan Langsung Menuju Madinah"

Posting Komentar