Benar ! Melahirkan Gratis Di Lampung Barat

Lampung Barat - Program Berobat dan Melahirkan Gratis -----
Persalianan atau Melahirkan tanpa biaya alias Gratis di Lampung Barat? Benar, Untuk Persalinan anak pertama dan kedua Gratis baik di Puskesmas Pembantu dan Puskesmas Keliling pada hari dan jam kerja pkl.08.00 s/d 14.00 Wib, kemudian di Poskesdes/Bidan Desa/Tempat Praktik Bidan Desa khusus untuk pelayanan Persalinan selama 24 jam.Bupati Lampung Barat Drs Hi Mukhlis Basri mengatakan kepada Mahameru FM bahwa program ini bertujuan meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan sehingga tercapai derajat masyarakat yang optimal. Dirinya selaku Bupati bahkan banyak mendapat pesan pendek SMS yang isinya ucapan terima kasih dari masyarakat yang telah menikmati layanan ini, bahkan kata Mukhlis mereka yang dalam proses persalinannya harus mendapatkan tindakan operasi Ceaser juga digratiskan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Liwa,   "saya benar-benar terharu ketika membaca sms-sms yang tulus tersebut " demikian Mukhlis Basri.

 Tetapi Bupati Lampung Barat Drs Hi Mukhlis Basri juga mengakui program tersebut tidaklah semulus seperti yang di rencanakan pada awalnya, masih ada di temui kendala-kendala di lapangan, seperti masih adanya oknum-oknum pelaku yang masih tidak rela/ikhlas, dengan masih melakukan penarikan biaya, untuk itu Bupati Lampung Barat Drs Hi Mukhlis Basri menghimbau semua pihak untuk mengawasi program Pelayanan dan Persalinan Gratis tersebut, sehingga program tersebut benar-benar dapat di nikmati oleh masyarakat.                                       

 Sementara itu sejumlah masyarakat sangat merespon positif Program Pelayanan dan Persalinan Gratis. "Ketika masyarakat di kabupaten/kota lain masih dipusingkan dengan biaya persalinan, maka alhamdulillah, Kabupaten Lampung Barat telah menggratiskan biaya persalinan bagi masyarakatnya, ini sebuah program yang benar-benar menyentuh !" demikian Sularto masyarakat Kelurahan Pasar Liwa.                                                                        

 Untuk memperoleh layanan ini di Puskesmas masyarakat cukup menunjukkan kartu PKMB atau KTP atau Kartu Keluarga,jika belum memiliki dapat membawa Surat Keterangan Peratin/Kepala Desa sambil menunggu proses penyelesaian KTP. Kemudian untuk Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Liwa masyarakat harus bisa menunjukkan kartu PKMB atau KTP atau KK beserta SURAT RUJUKAN DARI PUSKESMAS.                                                                

 Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat selaku leading sektor program ini juga telah menyediakan layanan SMS Center di no 0853 7876 5555 atau 0857 6999 3131. Untuk itu diharapkan partisipasi aktif dari masyarakat agar pelayanan tersebut dapat berjalan dengan maksimal dengan saran,informasi dan kritiknya untuk mendukung pembangunan yang di lakukkan.Bupati Lampung Barat Drs Hi Mukhlis Basri menghimbau masyarakat untuk dapat manfaatkan Berobat dan Persalinan/Melahirkan Gartis agar terwujud Masyarakat Sehat Lampung Barat Kuat ( Duta Suhanda, Mahameru FM Liwa Lampung Barat )          

2 Responses to "Benar ! Melahirkan Gratis Di Lampung Barat"

  1. saya selaku pelajarlampung barat, merasa berterima kasih kepada program yang cetuskan oleh bupati lampung barat Drs. Mukhlis Basri. dalam hal ini biaya melahirkan gratis.

    BalasHapus
  2. Ya.. semoga program ini juga menginpirasi kabupaten/kota lainnya , sehingga semua berlomba-lomba mempunyai tujuan yg sama yaitu meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan sehingga tercapai derajat masyarakat yang optimal

    BalasHapus