PSAB Bumi Agung ,Belalau,Lampung Barat Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat .



TIDAK TERBAYANG LAGI ADA KOTORAN MANUSIA BAHKAN BANGKAI BINATANG 

Persoalan kebutuhan akan air bersih bukan hanya menjadi persoalan di kota-kota besar, persoalan ini juga kerap melanda masyarakat di daerah-daerah. Dibeberapa pekon/desa di Kabupaten Lampung Barat masyarakat setempat masih ada yang menggunakan sungai untuk mandi,memenuhi kebutuhan akan air untuk berbagai keperluan di rumah bahkan sungai juga dipakai untuk keperluan buang air besar.


“Adalah hal yang sangat tidak sehat, bila masyarakat terus menerus menggunakan sumber utama air seperti sungai tetapi kualitasnya tidak baik, Air yang berada di permukaan memiliki banyak kandungan kuman entamuba coli dan unsur-unsur kuman lainnya yang merugikan kesehatan, bila tidak dimasak maka akn menimbulkan infeksi di usus juga bisa mengakibatkan diare,tifoid,polio dan lain-lain, belum lagi jika ada unsur kimia yang dapat merusak organ tubuh. Jadi pembanguan fasilitas Prasarana Air Bersih (PSAB) adalah salah satu langkah positif dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan kesehatan masyarakat!”.


Kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan juga diungkapkan Marjohan(50th) warga Pekon Bumi Agung Kecamatan Belalau, Lampung Barat . “Saya masih sering terbayang ketika mengambil air di sungai guna keperluan sehari-hari dirumah, seringkali beberapa meter tempat kami mengambil air melintaslah kotoran manusia bahkan terkadang bangkai binatang, tapi mau gimana lagi, kami tetap perlu akan air, maka kami sangat gembira ketika pekon Bumi Agung mendapat program Prasarana Air Bersih yang didanai oleh PNPM. Kini kami tidak repot lagi mesti kesungai,karena air bersih sudah mengalir melalui pipa-pipa langsung kerumah kami, tidak lagi kami terbayang kotoran manusia yang hanyut di permukaan air di sungai ketika kami lagi menikmati hidangan di meja makan!”
“Saya masih sering terbayang ketika mengambil air di sungai guna keperluan sehari-hari dirumah, seringkali beberapa meter tempat kami mengambil air melintaslah kotoran manusia bahkan terkadang bangkai binatang,"



Pentingnya akan kualitas air bersih juga diungkapkan Muslaini Peratin/ Kepala Desa Bumi Agung Belalau. “Kalau di hulu sungai Way Seburas ini ada yang lagi sakit mencret-mencret/ diare, pasti terbawa sampai ke pekon sini, repot lah kalau mempergunakan air sungai, kata Muslaini. Kini setelah adanya PSAB ya Alhamdulillah,semua kini lebih baik kesehatannya. Sungai Way Seburas ini melalui tiga pekon yaitu Hujung,Serungkuk dan Bumi Agung. Inilah yang melatarbelakangi kita bermusyawarah sehingga ada kesepakatan di Pekon Bumi Agung prioritas kita adalah Pembangunan Prasana Air Bersih yang didanai oleh PNPM pada Tahun Anggaran 2010 kemarin ,demikian Muslaini. 
RBM PNPM-MPd Bersama UPK Belalau
“Alhamdulillah, hingga saat ini fasilitas PSAB masih berfungsi dan terpelihara  dengan baik. Ada 2(dua) Pemangku/Dusun yang menikmati manfaat dari PSAB ini yaitu pemangku Kedamaian dan Bandar Gunung Kemala, dengan total hampir 150 Kepala Keluarga (KK) penerima manfaat. Kendala, tentu ada, tetapi dengan adanya kebersamaan dan gotong royong kendala bisa diatasi. Setiap Pemangku, hasil dari permusyawarahan dibebankan kontribusi sebesar Rp.100.000,- (Seratus Ribu Rupiah) per bulan.Jadi dari dua pemangku tersebut kita ada Rp.200.000,- (Dua Ratus Ribu Rupiah) per bulannya!”


Dana Rp.200.000,- tersebut kata Muslaini, yang dikelola oleh Tim Pemeliharaan ada yang untuk kas,untuk Pemeliharan Prasarana dan juga untuk Honor petugas yang ditunjuk oleh Tim Pemeliharaan.Kendala yang umum terjadai tambah Muslaini seperti pipa yang pecah atau adanya lumpur akibat banjir di hulu Sungai Way Seburas.
Abdul Rosid Ketua RBM PNPM Lampung Barat
Sementara itu Abdul Rosid Ketua Ruang Belajar Masyarakat RBM PNPM-MPd Lampung Barat mengajak masyarakat setempat aktif menjaga daerah resapan air yang berada di hulu sungai Way Seburas. “ Kita, di Lampung Barat kaya akan air, Curah hujan disini juga terbilang tinggi, nah, dengan menjaga kelestarian hutan di hulu sungai ini maka air hujan tidak akan langsung turun ke permukiman, tetapi akan tertahan dengan baik di atas,dengan menjaga hutan dari penebangan liar berarti kita juga bersama menjaga kualitas dan kuantitas air yang menjadi sumber utama dari mata air PSAB di Pekon Bumi Agung Kecamatan Belalau.(foto & laporan :duta suhanda@MahameruFMLiwa)   

0 Response to "PSAB Bumi Agung ,Belalau,Lampung Barat Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat ."

Posting Komentar