Sekura Cakak Buah | SDN 1 Pekon Canggu, Batu Brak

SDN 1 Pekon Canggu, Batu Brak @ekafendiaspara
12 Penampil Terbaik Karnaval Budaya Festival Sekala Brak I Tahun 2014

Dari sekitar 40an Peserta Karnaval Budaya Daerah pada Festival Sekala Brak I Kabupaten Lampung Barat tahun 2014 yang berlangsung pada Kamis 2/10 , Panitia menetapkan 6 Juara Non Peringkat Tingkat Kecamatan dan 6 Juara Non Peringkat Tingkat Umum. Penilaian yang dilakukan dewan juri diantaranya adalah : kesesuaian tema,kerapian barisan selama karnaval , Berikut 12 Penampil Terbaik Karnaval Budaya Daerah tersebut :

6 Juara Non Peringkat Tingkat Umum Karnaval Budaya Daerah Festival Sekala Brak I Kabupaten Lampung Barat tahun 2014


2.SDN 1 Pekon Canggu, Batu Brak dengan tema  ; Sekura Cakak Buah

Lampung Barat menyimpan segala potensi bagi sebuah kebangkitan menyonsong masa depan dengan berpijak pada tradisi yang berakar dalam.Sekura adalah salah satu dari sekian bentuk/hasil kebudayaan kuno di Lampung yaitu "PESTA BUDAYA SEKURA CAKAK BUAH" , Pesta Budaya Sekura adalah
Pesta Budaya Tradisional yang dilaksanakan pada hari Raya Idul Fitri biasanya mulai dari 1 Syawal sampai 6 atau 7 Syawal setiap Hari bergantian dari Pekon/desa ke pekon yang lain.Pesta Budaya Sekura merupakan perayaan dan atau ungkapan kegembiraan masyarakat. Secara bersama-sama setelah menyelesaikan puasa selama 1 bulan penuh dengan bertopeng ( menutup wajah ) dan merubah penampilan sedemikian rupa yang sifatnya menghibur serta bertujuan utama bersilaturahim yang berpuncak pada panjat pinang (cakak buah) secara berkelompok dengan sistem kegiatan budaya ini adalah identik dengan kemenangan,kebebasan,dan kegembiraan sebagai ungkapan jiwa manusia untuk berkreasi dan berekspresi .

foto @ekafendiaspara
Sekura secara teknis dibagi 2 kelompok :

Sekura Betik (Helau) ,penampilannya helau (indah) lucu,bersih dan sifatnya sebagi penghibur,dengan menggunakan kaca mata gelap dan semua kostum dari kain panjang dan biasanya penutup kepala menggunakan selindang miwang ( kain khas sebutan masyarakat Lampung Barat ).

Sekura Kamak ( kotor), memiliki penampilan kotor,biasa disebut juga sebagai "Sekura Calak". Kamak (kotor) adalah ciri ini yaitu memakai topeng dari bahan-bahan alami (tumbuh-tumbuhan), Sekura Kamak berhak memanjak pinang yang telah ditentukan,untuk bersaing dan bekerjasama dalam berkelompok untuk mencapai puncak dan menjadi pemenang . @MahameruFMLiwa

0 Response to "Sekura Cakak Buah | SDN 1 Pekon Canggu, Batu Brak"

Posting Komentar