Ummi Pipik - Janji Hawa

“Janji Hawa’, Curhat Pipik Yang Menginpsirasi

Banyak pengalaman yang dirasakan Pipik Dian Irawati saat menggarap single terbarunya, “Janji Hawa”. Pipik mengaku merasakan keharuan luar biasa saat merekam tembang pop yang diciptakan Melly Goeslaw itu.

Inilah lagu terbaru Ummi Pipik, begitu perempuan ini biasa disapa, yang diproduksi Nadahijrah/Forte Records. Setelah sempat tergabung dengan grup vokal Fatima Voice yang diawaki bersama Puput Melati dan Nia Paramitha, beberapa tahun lalu, Ummi Pipik kini makin menancapkan kuku sebagai penyanyi religi.

‘”Sebenarnya ini masih dalam koridor kegiatan utama saya yaitu syiar. Selain saya sharing menyampaikan tausiyah, menyanyikan lagu yang liriknya inspiratif seperti ini juga bagian dari syiar itu sendiri,” papar ibu empat anak ini yang memilik kemampuan vokal semakin matang.

“Janji Hawa’ digarap Melly Goeslaw dan sang suami, Anto Hoed sebagai arranger. Dalam tembang pop yang liriknya mendalam itu Ummi Pipik tampil dengan gaya vokal berbeda dengan tembang-tembang sebelumnya yang pernah dibawakannya.

“Ya memang saya belajar vokal intens dengan Uci Wibi. Mungkin juga karena karakter lagu-lagu Teh Melly yang khas, sehingga orang mendengarkan cara beryanyi saya berbeda di lagu “Janji Hawa” ini,” tandas isteri mendiang Ustaz Jefri Al Buchori ini.

Cukup sulit Ummi Pipik mendalami lirik lagu Melly ini. Saat take vocal di studio, di Jakarta, Umi Pipik sempat beberapa kali mengalami kesulitan. Dia bahkan sempat menangis saat berdendang. “Karena lirik lagu mendalam. Ini berkisah tentang kehidupan yang universal bisa dialami siapa saja. Ya kalau kita bahagia jangan terlampau berlebihan senangnya. Atau saat susah jangan lebay juga sedihnya. Karena semua takdir Allah. Dijalani saja. Buat sebagian orang ini dianggap curhat saya ya. Ya memamg mirip dengan kisah hidup saya,” katanya.

“Janji Hawa’ bisa dipahami sebagai bagian dari cermin perjalanan hidup Umi Pipi. Sejak sang suami meninggal dunia di tahun 2013, praktis dunia Ummi Pipik berubah 180 derajat. Dia harus menghidupi empat anaknya. Selaian dikenal sebagai penceraham atau ustazah, Umi Pipik juga aktif bernyanyi. Tak heran, Nadahijrah/Forte Records yakin membuatkan single buat dibawakan Ummi Pipik.

“Janji Hawa”, yang menjadi single perdana dan juga “Kerinduanku” yang telah direkam Ummi Pipik, membuktikan perempuan kelahiran Semarang, 26 November 1977 ini serius menjadi penembang lagu religi. “Lagu yang saya bawakan ini yaitu “Janji Hawa” sebenarnya sifat liriknya universal. Saya lebih senang disebut tembang inspiratif. Saya bahagia kalau pendengar bisa meresapi liriknya,” katanya.

Soal sebutan dirinya sebagai penyanyi tembang religi, Ummi Pipik tak keberatan. “Syiar bisa dengan cara apapun. Saya memanfaatkan kesempatan dan tawaran saja. Daripada pendengar atau perempuan kaum saya hanya menikmati tembang pop cinta, bukankah lebih baik juga kalau menikmati lagu pop dengan lirik yang menggugah dan bermanfaat,” katanya.

Tembang lain “Kerinduanku” siap diluncurkan juga di masa mendatang. Tembang ini pernah dibawakan Umi Pipik saat memperingati 2 tahun meninggalnya Ustaz Jefri Al Buchori, yang digelar sebuah stasiun televisi, akhir April 2015. Dan “Janji Hawa” dipersiapkan juga sebagai themesong sinetron drama di layar kaca.

*****
@MahameruFMLiwa 

0 Response to "Ummi Pipik - Janji Hawa"

Posting Komentar