Vadi - Mayor 7

BERUJUNG TERANG – Album Perdana Vadi

ku tak percaya akan gelap
hanya sedikit kurang binar
kadang kita terjebak dalam
perih indah kenyataan

waktu tak kan tunggu kau datang
kau harus kejar abaikan penghalang
hadapilah dengan iman
semuakan berujung terang

Puisi di atas merupakan penggalan  lirik lagu karya Vadi yang sekaligus menjadi judul album perdananya :Berujung Terang. Memang tidak terlalu sulit menafsir makna pesan dalam lagu tersebut. Tapi juga bukan hal yang “biasa -biasa saja”  bila di usianya yang relatif  muda Vadi  menulis lagu yang punya pesan , punya makna , dan bukannya hanyut bergenit-genit dalam cinta anak muda.

Tak susahjuga mennerka latar belakang proses kreatif lahirnya lagu tersebut. Sama mudahnya membaca karakter seorang Vadi . Ya. Vadi – orang juga sering menyebutnya Vadi Akbar -  adalah tipikal generasi muda yang optimistik. Yang meyakini bahwa cita-cita harus diperjuangkan sekuat apapun penghalang. Yang megimani  bahwa pada waktunya semua kesulitan akan berujung terang.

Lagu Berujung Terang merupakan satu dari tujuh lagu dalam album ini. Pada lagu ini Vadi  tampil berduet dengan Vidi si  kakak  sulung. Sementara kakak yang di tengah dari tiga bersaudara ini - Diva  - menjadi kritikus awal layak tidaknya Berujung Terang masuk dalam album. Kolaborasi tiga bersaudara yang menarik.

Meskipun album ini berjudul “ Berujung Terang”, lagu yang dikedepankan sebagai single kali ini adalah Mayor 7 . Di lagu ini, Vadi tidak semata menjadi komposer tapi  berkolaborasi dengan Aminoto Kosin  , Vadi mengaransemen lagu ini. “ Om Amin  sangat terbuka untuk bekerja sama dan berbagi ilmu. Aku banyak belajar dari Om Amin. Buat aku ini kesempatan yang mahal nilanya “, tutur  Vadi.

Mayor 7  memang judul yang cukup unik  meskipun bagi sebagian orang  memang bukan kata yang asing. Tapi cerita di balik pemilihan judul Mayor 7 membersitkan kejenialan  Vadi khususnya sebagai penulis lirik .

Nama Collen Bass mungkin kurang dikenal  banyak orang.  Pemusik   berkebangsaan dan tinggal di Inggris ini merupakan sobat lama Harry Kiss , ayah dari Vadi. Mereka menyertakan ciptaan mereka berdua yang berjudul Sailing Home.Dipersembahkan untuk para pelaut, lagu ini berkisah tentang susana hati pelaut berlayar pulang untuk bertemu dambaan hati. Mendengar bangunan musik lagu ini ,Aminoto Kosin seperti mengajak kita ikut dalam perjalanan sang pelaut membelah samudra . Ada kesan miris karena rindu di samping gairah menempuh pelayaran pulang.

Sailing Home dipersiapkan untuk menembus pasar Internasional. Syukurlah,  ketika album Berujung Terang diluncurkan pertama kali  18 April  lalu di Jerman, Sailing Home direspon positf masyarakat setempat.

Collen Bass  hingga kini masih aktif mencipta . Karyanya  yang pernah begitu populer  di Indonesia adalah Denpasar Moon.

Sebagian  penggemar musik  mestinya masih ingat , di akhir 2013 Vadi merilis single berjudul Jangan SalahBersama lagu lawas kelompok fusion Karimata itu, Vadi menapaki  langkah awal karir bermusiknya  dari stasiun teve ke stasiun teve, dari gigs satuke gigs lain.

Lalu mengapa ada rentang waktu panjang dari merilis single pertama ke rilis album ?“Gak gampang nyari lagu yang pas , “ tukas Vadi. Selain itu, kesibukannya sebagai mahasiswa Teknik Elektro Universitas Indonesiajuga cukup merintang proses penyelesaian album. “ Kuliahku mengganggu karir, “ candanya.Betapapun , menurut Vadi, di keluarga haram hukumnya mengabaikan pendidikan formal.

Vidi Aldiano – Produser Eksekutif
Selaku Produser Eksekutif, Vidi memberikan kebebasan  sepenuhnya kepada sang adik dalam memilih lagu  maupun pemusik pendukungbahkan ketika Vadi mengajukan sederet ajuan seperti  menggunakan brass section dari USA, mixing di Kuala Lumpur dan mastering di Los Angeles.

“Selama hasinya akan  otimal, aku dukung “, kata Vidi,  “ dan aku yakin Vadi bertanggung jawab atas pilihannya “.

Menimbang kondisi industri yang tidak kondusif, Vidi-  yang juga Direktur Utama VA Records-dan tim tidak  memilih jalur konvensional dalam  mendistribusikan  album Berujung Terang.  VA Records sepakat menggunakan online shop maupun direct sales.  Untuk saluran publikasi / promosi, VA menggunakan kekuatan sosmed  . Tidak sampai di situ,  informasi  tentang album Vadi serta pembelian online juga dapat dilakukan melalui android.

Kemasan album dengan desain vinyl ini  memang   terkesan eksklusif dan stand out.  Lalu mengapa “hanya “ berisi 7 lagu ? Ketujuh lagu itulah yang bagi  Vadi merupakan  ungkapan  ekspresi musikal yang  mewakili jati dirinya.  Tidak perlu memaksakan  8 atau 10 lagu bila  lagu yang lain terasa“bukan guebanget”, aku Vadi

BuatVadi ,bernyanyimerupakanungkapanekspresihati.  “ Aku ingin mengungkapkan ekspresi musikalkudan yang paling menyenangkan buat aku  adalah ketika orang merasa nyaman ,terhibur, senyum dan bahagia mendengar aku bernyanyi  , “ begitu ungkap VADI. @MahameruFMLiwa 
Vadi_-_Mayor_7_.html?

0 Response to "Vadi - Mayor 7 "

Posting Komentar