'Setengah Hari' Single Religi Varsity Bercerita Tentang Berpuasa di Masa Kecil


Setiap orang pasti punya kenangan melewati bulan puasa di masa kecil bukan? Hayo siapa yang pernah berpuasa setengah hari?

Di tengah maraknya rilisan religi yang selalu menghujan menjelang bulan Ramadan, Varsity mencoba muncul dengan nuansa yang berbeda. Mereka memilih tema yang lain dari materi yang dirilis kebanyakan musisi lewat singlenya 'Setengah Hari'.

Sebuah lagu bertajuk 'Setengah Hari' yang bercerita tentang berpuasa di masa kecil. Dimana kebanyakan anak kecil tidak menjalankan puasa penuh seharian dan melaksanakan ibadah selama bulan puasa hanya untuk bermain dengan teman-temannya.

"Hampir semua dari kita mengalami masa belajar berpuasa dan masa-masa itu kalau kita ingat suka bikin ketawa-tawa sendiri. Mungkin udah banyak yang akan bicara tentang kebaikan Islam dan lain-lainnya, kami ingin mengangkat hal lain. Menyambut Ramadan dengan suka cita dengan sudut pandang yang lebih riang," ujar sang vokalis juga gitaris Ang Sharly.

Sedikit berbeda dari kedua single Varsity sebelumnya, 'Setengah Hari' dibalut alunan gitaran akustik saja. Lagi-lagi Varsity mempercayakan lagu mereka kepada McAnderson sebagai Music Director.

Band yang digawangi Ang, AW (vokal 2) dan Rian (keyboard) itu pun dibantu Anderta Depama sebagai vocal director. Kemasan 'Setengah Hari' yang sangat sederhana diyakini bisa menemani ibadah berpuasa dengan lebih ringan.

Eh tapi jangan salah, di balik lirik yang sederhana dan kemasan musik yang menenangkan Varsity punya pesan tersendiri untuk para pecintanya.

"Di sisi lain, lagu ini juga menyimpan pesan buat kita yang udah dewasa ya untuk menjalankan puasanya tidak setengah hari lagi. Bukan hanya berpuasanya hanya sebenar tapi niatnya juga jangan setengah-setengah hanya untuk orang terdekat atau apapun. Niatnya harus Lilahi ta'ala, hanya karena Allah semata," jelas Ang.

Seperti dalam lirik lagu 'Setengah Hari' yaitu "Kita berbuka di saat tak ada orang". Hayo jangan colongan lagi yaaaaa.... Selamat berpuasa.

Semua itu hanyalah masa kecil kita
Berpuasa setengah hari saja
Tarawih hanya tuk alasan saja

Tarawih hanya asalan untuk bermain petasan
Jangan kau berpikir tak ada yang memperhatikanmu
Ada Yang Maha Melihat dan Memperhatikanmu

Tentang Varsity

Varsity adalah sebuah band bernapaskan pop alternatif dengan pilihan lagu-lagu religi yang telah digerak dari panggung ke panggung sejak 2014. Mereka senantiasa membawakan lagu-lagu Islami dengan kemasan yang manis dan fun. Varsity beranggotakan Ang (vokal & gitar), Awe (vokal) dan Ryan (keyboard).

Varsity sendiri secara bahasa diambil dari kata university yang artinya college atau kampus. Filosofinya Varsity ingin selalu belajar tanpa batas waktu. Mereka juga mengartikan kehidupan sebagai 'kampus' atau universitas sepanjang hayat. Untuk terus belajar menempa diri menjadi semakin baik dan baik lagi.

Religi, sebagai jalur bermusik Varsity, dalam arti yang luas atau universal. Mereka menjelaskan Islam adalah 'rahmatan lil alamin', yang mencakup segala sisi sendi kehidupan. Jadi tema apapun dapat dijadikan syair lagu, yang mana kekuatan lirik dan maknanya easy listening tanpa berkesan menggurui.

Varsity telah merilis single perdananya pada Agustus 2017 lalu yaitu 'Salam ya Salam'. Disusul single kedua mereka tentang kemuliaan hari Jumat lewat single 'Alif' pada Februari lalu. @MahameruFMLiwa

0 Response to "'Setengah Hari' Single Religi Varsity Bercerita Tentang Berpuasa di Masa Kecil"

Posting Komentar