COLOUR FUNWALK Akan Warnai National Radio Day (NRD) 2018

SEKILAS TENTANG National Radio Day (NRD)

National Radio Day (NRD), adalah sebuah acara rutin tahunan dan menjadi wadah silaturahmi berkumpulnya seluruh Music Director dari radio-radio di seluruh penjuru nusantara yang tergabung dalam organisasi AMDI (Asosiasi Music Director Indonesia) bersama seluruh para pekerja promosi di perusahaan industri rekaman (Label Musik) yang tergabung dalam sebuah komunitas pekerja yang dinamakan LABELERS (Komunitas Label Musik Indonesia).

Ada kemeriahan dalam rangka berkumpulnya Music Director seluruh Indonesia dengan penggiat musik di Indonesia. Gathering akbar ini diselenggarakan antara bulan Maret dan April, tergantung kondisi tapi tidak pernah lewat dari bulan-bulan itu. Inipun ada sejarahnya, waktu itu National Radio Day selalu dibuat di bulan Maret karena sengaja agar berdekatan dengan jadwal event Java Jazz. Beberapa tahun yang lalu banyak sekali Music Director diluar Jakarta yang tidak pernah absen menghadiri acara event Java Jazz, sehingga dengan settingan waktu yang dibuat demikian akan lebih efektif buat para Music Director datang ke Jakarta.

Setiap tahunnya acara National Radio Day selalu berganti tema, konsep dan lokasi kegiatan seperti di kota Yogyakarta, Solo, Bandung dan Bogor. Pada tahun ini (2018) akan dilaksanakan di Jakarta, yaitu di Desa Wisata, Taman Mini Indonesia Indah.


LATAR BELAKANG

Kurangnya eksistensi, bukan berarti terlupakan. Karena karya mereka akan selalu hidup walaupun mereka sudah tiada. Khususnya dalam dunia musik, siapa yang tidak kenal dengan Benyamin Sueb, Gombloh, Nike Ardilla, Chrisye, Harry Roesli, Rinto Harahap, dsb. Mereka sudah tiada, tapi karyanya selalu terlantun merdu dan hidup di telinga dan hati para pendengar/pencintanya. Mungkin ini, sedikit defi nisi dari kata "Legenda" yang kami pahami/mengerti. Harapannya agar masyarakat tidak pernah melupakan juga mengenalkan kepada generasi "Jaman Now" karya-karya anak bangsa yang pernah ada.

Dengan maksud dan tujuan itulah, acara National Radio Day 2018 kali Ini akan menggunakan kata LEGENDA12Y sebagai tema. Kenapa LEGENDA12Y? Pertama, penggunaan angka ‘1 dan 2’ sebagai pengganti huruf “R” dikarenakan event ini sudah berlangsung selama 11 kali yang diadakan setiap tahun dari tahun 2007 sampai sekarang. Dan pada tahun 2018 ini, adalah yang ke-12 kalinya. Kedua, bagi kami para Music Director Radio dan juga Label Musik di seluruh Indonesia, acara dapat dikatakan legend, mengingat eksistensi event tahunan ini sudah berlangsung selama 12 kali berturut-turut setiap tahunnya. 12 Tahun itu bukanlah waktu yang sebentar.

Dari sisi lain, tema “LEGENDA12Y” ini pun diusung untuk mengingatkan kembali peserta National Radio Day 2018 dan praktisi muda yang berkiprah di industri musik serta musisi Indonesia yang melegenda dan dapat menjadi ikon untuk mengangkat budaya Indonesia. Oleh sebab itu, Panitia NRD akan mengundang beberapa artis yang telah melegendari dan akan menjadi bintang tamu dipuncak acara National Radio Day 2018.

Penyelenggaraan akan diadakan di Taman Mini Indonesia Indah yang merupakan ikon pariwisata dan budaya Indonesia. Melalui acara National Radio Day 2018, kita ingin diharapkan dapat menunjukan kekayaan budaya Indonesia dan keindahan alamnya kepada peserta National Radio 2018 yang berasal dari penjuru Nusantara. Semoga akan terus berjalan dan menunjukan eksisternsinya sebagai tempat wisata yang layak untuk dikunjungi, dicintai dan di apresiasikan. Di Taman Mini Indonesia Indah tak hanya menyajikan tempat wisata hiburan keluarga, tapi juga terdapat unsur edukasi, budaya dan rekreasi.


TUJUAN KEGIATAN

Selain ajang silaturahmi, National Radio Day juga mengadakan kegiatan-kegiatan positif yang menarik. Dengan mengawali pembahasan yang bersangkutan dengan pekerjaan tren musik, promo lagu, sesi perkenalan dari masing-masing label dan Music Director yang hadir, games dan tentunya penampilan dari artis-artis terkenal pada puncak acara.

Acara National Radio Day 2018 lebih mengarah pada konten-konten yang membangun kebersamaan, keceriaan dan budaya bergotong royong. Untuk mewujudkan sikap dan semangat kebersamaan oleh banyak pihak secara sadar, sukarela, merasa turut berkepentingan, serta dengan keinginan saling menolong. Semua itu akan tercipta insan budaya yang kuat, tangguh dan berkarakter.

NRD COLOUR FUNWALK

Salah satu konten acara yang menjadi jargon dalam acara National Radio Day 2018 adalah NRD Colour Funwalk.

Misi NRD Colour Funwalk, memberikan sebuah kegiatan yang membuat National Radio Day 2018 lebih bahagia dengan nuansa yang lebih sehat. Menciptakan pengalaman baru yang akan menjadi memori kawan-kawan peserta di setiap menitnya. NRD Colour Funwalk tanpa pemenang dan catatan waktu.

NRD Colour Funwalk diciptakan untuk semua kawan-kawan Label Music dan Music Director Radio untuk merayakan kesehatan dan pencapaian gaya hidup sehat. NRD LEGENDA12Y akan menjadi lebih menyenangkan dari sebelumnya! NRD Colour Funwalk dimana fantasi menjadi realita.

Pemandangan yang nanti kita dapatkan di NRD Colour Funwalk sebagai berikut:

- Danau (Provinsi Indonesia)
- Anjungan Sulawesi Tenggara
- Anjungan Sulawesi Selatan
- Anjungan Sulawesi Tenggara Barat
- Anjungan Nusa Tenggara Timur
- Anjungan Bali
- Anjungan Jawa Timur
- Anjungan Jawa Barat
- Anjungan Jawa Tengah
- Anjungan DIY. Yogyakata
- Puri Caping Gunung dan
- Istana Anak-anak Indonesia.
@MahameruFMLiwa

0 Response to "COLOUR FUNWALK Akan Warnai National Radio Day (NRD) 2018 "

Posting Komentar