“Rozana” Single Pertama Yang Mewakili Album Jazz Marcell

Konser tunggal yang diadakan Marcell di Kuala Lumpur pada 23 September 2017 lalu sukses besar. Sebuah pencapaian karir luar biasa dari Marcell Siahaan untuk bisa membuat konser tunggal di negeri orang dan membuahkan hasil “all tickets sold out”.

Lantas dengan segala pencapaian yang diraihnya di 15 tahunnya berkarir ini, apakah membuat Marcell mengendurkan gairahnya dalam berkarya? Tentu saja tidak. Karena di awal tahun 2018 ini Marcell langsung merilis satu single baru lagi yaitu “Rozana”. Lagu ini sejatinya merupakan lagu dari negeri seberang yaitu Malaysia.

“Saat sedang santai bersama istri saya Rima Melati, Rima menyarankan saya untuk mendengarkan lagu-lagu melayu era 80-an. Singkat cerita, terputarlah lagu ‘Rozana’ dari band Search, Malaysia. Terbesit keinginan untuk mengaransemen lagu tersebut supaya terdengar ‘jauh’ dari aransemen aslinya.”

Dengan aransemen asli musik pop-rock melayu, lagu “Rozana” digubah ulang menjadi lagu berirama jazz oleh Irsa Destiwi. Irsa merupakan pianis klasik dan jazz asal Indonesia. Tak hanya bermain piano saja, Irsa juga adalah seorang arranger dan komposer. Banyak repertoire konser telah digarapnya sebagai arranger, dan sebagai komposer, dia telah mencipta puluhan lagu.

“Ini merupakan pertama kalinya saya bekerja sama dengan Marcell dalam hal pengerjaan album. Tapi kalau kerja sama di event dan panggung yang sama sering sekali,” Ujar Irsa. “Marcell adalah seseorang yang punya ambisi dalam bermusik. Dia sering mencoba hal-hal baru dan berbeda.” Ucapnya lagi.

Marcell meneruskan kisah produksi lagu “Rozana” dengan pujiannya terhadap Irsa Destiwi, “Reputasi Irsa Destiwi sebagai pianis dan arranger jazz tidak perlu diragukan lagi, terutama setelah Irsa memproduseri sebuah album jazz berisi lagu-lagu legendaris Indonesia bersama Shadow Puppets dengan penyanyi Harvey Malaihollo.”

Perbincangan Marcell dengan Rishanda Singgih, music directornya yang juga kemudian menjadi pemain bass di project ini, sepakat menjadikan Irsa sebagai Music Director dan arranger album jazz Marcell, dibantu oleh Eddy Syakroni (guru drum Marcell) pada posisi drum dan Eugen Bounty pada saxophone dan clarinet. Tidak ketinggalan Nesia Ardi sebagai vocal coach dan vocal director untuk Marcell.

“Bersama mereka, selain menemukan sosok-sosok keluarga bermusik baru, saya diharuskan untuk membuka diri untuk belajar lebih lagi, bahkan harus rela ‘merestart’ semua yang sudah saya pelajari selama ini karena pola bernyanyi jazz sangat jauh berbeda dengan pola bernyanyi saya selama ini.” tambah Marcell lagi.

“Rozana” dipilih sebagai single pertama yang mewakili album jazz Marcell berdasarkan hasil obrolan dan voting dengan tim musik dan kreatif serta manajemen dan label. Aransemen dan tema lagu “Rozana” ini dirasakan ‘fresh’ dan mewakili image album yang ingin ditampilkan oleh Marcell di album ketujuhnya ini.

Tentang Marcell Siahaan:
Marcell Siahaan, atau Marcell, adalah seorang penyanyi solo pria, drummer dan juga aktor asal Indonesia yang namanya mulai dikenal di dunia industri hiburan Indonesia sejak berduet dengan Shanty di lagu “Hanya Memuji” ciptaan Melly Goeslaw pada tahun 2002. @MahameruFMLiwa

0 Response to " “Rozana” Single Pertama Yang Mewakili Album Jazz Marcell"

Posting Komentar