Bercanda Dengan Makhluk Penghisap Darah Di TNBBS

Satu yang tidak berubah ketika kita kembali menapaki jejak di Air Terjun Sepapa Kiri di TNBBS yang berada di sekitar pekon Kubu Perahu , Kecamatan Balik Bukit , Kabupaten Lampung Barat yaitu siap-siap menerima cumbuan dari makhluk-makhluk penghisap darah ini . Banyak komentar atas perilaku makhklu ini , mulai yang menyebut " makhluk tak bermoral " , "menjijikan" , dan masih banyak komentar lainnya . Farida seorang PNS di Pemkab Lampung Barat pernah membawa dua makhluk ini dan disimpan dalam toples kecil . " Selama 7(Tujuh) bulan lebih tanpa diberi setetes darah pun makhluk ini tetap hidup, ! " kata nya " Mengerikan !" .

" Biasa aja, !" kata Rifai pemandu dari TNBBS , mengomentari makhluk tersebut yang tiada lain adalah Pacet. Tips sederhana nya ada dua bila tidak ingin dicumbu yang merupakan kebiasaan mahkluk ini ,: " Pertama balur kaki dan tangan dengan tembakau dari rokok. Kedua , jangan lama-lama diam di tempat, jalan terus walau pelan. Dengan jalan terus meminimalisir kesempatan makhluk ini menancapkan bibirnya ditubuh kita , ! " kata Rifai seraya tersenyum melihat saya yang banyak berhenti , kerepotan menyeret tubuh seberat 83kg ini . " Berbagilah dengan pacet darah anda , karena hanya darah kotor yang ia hisap , baik juga toh untuk kesehatan, ! " kata Fa'i .  Hmm , bener ngak nih omongnya , pikirku dalam hati.

Yang pasti Hewan ini punya kebiasaan menghisap darah mahkuk hidup lainnya baik itu hewan liar yang sering seliweran di TNBBS atau manusia yang kerap bertandang ke wilayah tersebut. Karena itu anda harus ekstra waspada bila berkunjung ke TNBBS. Senjata hewan ini adalah zat anti pembeku darah, zat ini secara ilmiah disebut hirudin atau hemaphilin, khasiatnya yang utama mencegah zat-zat pembeku darah. Kalau sudah menghisap darah manusia, hewan ini akan terus melekat di kulit takkan terlepas , ia baru melepaskan korbannya bila sudah merasa puas dan tubuhnya menggelembung kekenyangan penuh dengan darah mangsanya.

Jadi , untuk yang ingin mengagumi berbagai kekayaan alam di TNBBS , hati-hati dengan mahkluk yang berada di setiap jengkal tanah di wilayah itu. Ia bisa saja bersembunyi di balik dedaunan hijau atau menyiapkan tubuhnya sebagai perangkap di balik humus yang anda injak . Waspadalah!!! Dan Berkenalanlah dengan baik akan hewan ini .
( duta suhanda @MahameruFMLiwa)

0 Response to "Bercanda Dengan Makhluk Penghisap Darah Di TNBBS "

Posting Komentar