Tarik Tambang Jukung Lumbok Seminung Lampung Barat

Menyaksikan Olahraga Tradisional Tarik Tambang yang biasa dilaksanakan pada perayaan Pesta Rakyat pada Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia , sudah bisa dirasakan heboh,seru dan meriahnya . Nah apalagi kalau Tarik Tambang nya diatas Jukung (Perahu ) tentu akan lebih seru lagi , karena Olahraga Tarik Tambang Jukung selain pesertanya berada di atas jukung juga olahraga tersebut dilaksanakan di atas air tepatnya di Danau Ranau dipekon/desa Lumbok , Kecamatan Lumbok Seminung Kabupaten Lampung Barat .

Olahraga Tarik Tambang Jukung ini aturan mainnya setiap Jukung berisi dua peserta, baik laki atau perempuan . Mereka akan saling adu kekuatan untuk menarik jukung lawannya . Dan Peserta Lomba dinyatakan kalah setelah melewati tanda garis yang telah ditentukan panitia . Olahraga ini bisa dilihat kembali oleh masyarakat luas pada event Gebyar Pesona Lumbok Seminung Lampung Barat pada tanggal 7-8 Dsember 2014 mendatang di Danau Ranau Kecamatan Lumbok Seminung Kabupaten Lampung Barat .

Jukung atau perahu kecil ada perahu yang biasa dipakai sehari-hari oleh masyarakat sekitar Danau Ranau untuk mencari ikan atau sebagai alat transportasi antara pekon/desa. Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Barat menyebutkan dalam Lampung Barat Dalam Angka 2013 bahwa jumlah perahu kecil jukung yang terdata di Lumbok Seminung sebanyak 219 buah . Tentu akan meriah dan seru bila semua jukung-jukung yang ada pada hari H event tersebut bisa ikut olahraga Tarik Tambang Jukung yang diselenggarakan Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Dan Kebudayaan Lampung Barat tersebut @MahameruFML


0 Response to "Tarik Tambang Jukung Lumbok Seminung Lampung Barat "

Posting Komentar