Inilah "SERASI (Sekura Demokrasi)" Maskot Pilkada Lampung Barat 2017

Kabupaten Lampung Barat bersama dengan 7 Provinsi, 18 Kota, dan 75 kabupaten lainya di Indonesia pada Rabu 15 Februari 2017 mendatang akan melaksanakan Pemlihan Bupati dan Wakil Bupati secara serentak gelombang kedua. Dan Selasa 2 Agustus 2016 bertempat di Lapangan Pemkab Lampung Barat , Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lampung Barat secara resmi melounching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2017 mendatang, kegiatan ini sebagai merupakan pernyataan kesiapan KPU Lampung Barat siap melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2017 yang mendatang , demikian Imtizal Ketua KPU Lampung Barat pada acara louncing tersebut.

Pada acara tersebut KPU Lampung Barat juga memperkenalkan maskot Pilkada Lampung Barat yang diberi nama SERASI yang merupakan singkatan dari "Sekura Demokrasi"  Sekura adalah salah satu budaya lokal di Lampung Barat .Makna filosofi dari Sekura Demokrasi ini adalah bahwa dalam melaksanakan pesta demokrasi masyarakat  Lampung Barat mengutamakan azas silaturahim ,pengendalian diri serta selalu menghindari pertikaian ...

Untuk Makna Tokoh SERASI 
1.Sekura melambangkan sosok bertopeng yang diangkat dari kearifan budaya lokal masyarakat Lampung Barat
2.Tungkus Saibatin melambangkan bahwa Lampung Barat merupakan Negeri Para Saibatin
3.Kacamata dan Topeng merupakan atribut yang dipakai oleh para Sekura.
4.Mulut Tertawa melambangkan masyarakat Lampung Barat yang bersuka cita menyambut gelaran pesta demokrasi.
5.Pakaian warna Oranye melambangkan ciri khas warna KPU. yaitu Oranye
6.Kain Panjang Berwarna Warni melambangkan keberagaman partai politi yang ada di Lampung Barat. Kain ini diikat oleh ikat pinggang berwarna putih yang melambangkan netralitas KPU sebagai penyelenggara Pemilu.
7.Paku ditangan kanan Sekura melambangkan alat mencoblos pada saat pemilihan
8.Sepatu Boot melambangkan kesiapan KPU untuk menjangkau segala medan dikarenakan kondisi gegrafis Lampung Barat yang beragam.

Di Propinsi Lampung , Pilkada serentak tahun 2017 ,diikuti oleh 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Tulangbawang Barat yang masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati berakhir pada 23 November 2016, Kabupaten Pringsewu (5 November 2016), Kabupaten Lampung Barat (11 Desember 2017), Kabupaten Tulangbawang (17 Desember 2017), dan Kabupaten Mesuji (13 April 2017). @MahameruFMLiwa

0 Response to "Inilah "SERASI (Sekura Demokrasi)" Maskot Pilkada Lampung Barat 2017"

Posting Komentar