Surplus, UPK PNPM Sumberjaya Bagi Sembako Kepada Rumah Tangga Miskin

Allah SWT sangat menyukai hambanya yang mau berbagi kepada yang lemah, dan Allah SWT pun berjanji akan memberikan ganjaran pahala yang berlipat kepada pemimpin yang amanah, demikian tausiah Ustad Muhammad Nuh pada acara Bakti Sosial yang dilaksanakan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM-MPd Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat. Ustad Muhammad Nuh sangat mengapresiasi dengan baik kinerja UPK Kecamatan Sumberjaya . Bakti Sosial dengan pembagian paket sembako kepada masyarakat Miskin adalah contoh baik kepada yang diberikan amanah dalam mengelola dana sosial di buktikan dengan adanya acara pembagian sembako kepada penerima yang berhak menerimanya
Lebih lanjut Ust Muhammmad Nuh mengatakan 4 hal yang harus disegerakan pertama janji(nazar,zakat, dll), tobat, hutang, sholat.

Untuk ke dua kalinya, masyarakat katagori Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat, menerima bantuan sosial berupa paket sembako yang bersumber dari dana surplus Simpan Pinjam Perempuan (SPP) pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat- Mandiri Pedesaan (PNPM-MP). Acara pembagian paket sembako tersebut berlangsung di Halaman kantor UPK PNPM-MPd Kecamatan Sumberjaya, Rabu (21/5) pukul 10.00 wib s.d selesai.

Sekretaris Camat Sumberjaya,Abdurrahman,saat acara penyerahan paket sembako secara simbolis di Lapangan Kantor UPK PNPM-MPd Kecamatan Sumberjaya, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah kerja nyata kinerja pengurus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM-MPd Kecamatan Sumberjaya, dimana mampu meraih prestasi yang cukup fantastis, signifikan, serta berkelanjutan sehingga manfaat dan hasilnya  dapat dirasakan oleh masyarakat yang ada di Kecamatan Sumberjaya." Ini merupakan sebuah keberhasilan prestasi yang harus dijaga dan ditingkatkan". Demi tercapainya Program PNPM-MPd untuk membantu Pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, menuju kesejahteraan" kata Abdurrahman.

Sementara itu Ketua Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM-MPd Kecamatan Sumberjaya, Herman Jaya,menjelaskan, Total surplus dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) tahun anggaran 2013 Kecamatan Sumberjaya yaitu sebesar Rp. 128.510.283 angka tersebut di dapat dari hasil perputaran dana SPP yang ada di 24 kelompok SPP ibu-ibu yang tersebar di 6 Pekon yang ada di Kecamatan Sumberjaya, diantaranya kelurahan Tugusari 8 Kelompok,Pekon Sukapura 4 kelompok, pekon Simpangsari 3 kelompok,Pekon Way petai 3 kelompok,Pekon Sukajaya 2 kelompok, dan Pekon Sindang pagar 4 kelompok, sehingga dana SPP yang ada di 24 kelompok spp tersebut sebesar RP.738.868.802 dan sisa dana SPP belum terpakai yang ada di rekening spp sebesar Rp.13.706.912.

Masih kata Herman, total dana surplus  SPP PNPM-MPd tahun ini berasal dari  perputaran dana SPP Tahun Anggaran 2013, yaitu sebesar Rp.128.510.283, total tersebut setelah dikurangi resiko pinjaman 8,49% menjadi total surplus bersih sebesar Rp.117.599.760 sehingga dari total surplus bersih tersebut  di alokasikan untuk dana kelembagaan 25% sebesar Rp.29.399.940, dana kegiatan sosial 15% sebesar Rp.17.600.000 dan sisanya 60% sebesar Rp.70.559.856 di kembalikan ke rek SPP untuk penambahan modal dana simpan pinjam perempuan (SPP). Angka surplus tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yaitu dari Rp.89.411.942 menjadi Rp.128.510.283, jelasnya.

Dana hasil surplus tersebut adalah sebagai bentuk Zakat Mall/ zakat harta Program PNPM Kecamatan Sumberjaya yang disalurkan sebagi bentuk bantuan kegiatan sosial yang diperuntukkan bagi masyarakat yang tergolong Rumah Tangga Miskin (RTM). Dimana bantuan sosial tersebut diberikan berupa Paket Sembako senilai Rp.100 ribu/paket untuk di berikan kepada 176 orang penerima manfaat kategori Rumah Tangga Miskin (RTM) yang diambil dari 29 RTM/ pekon dari 6 Pekon yang ada di Kecamatan Sumberjaya.
" memang bantuan tersebut belum maksimal, tapi setidaknya bisa membantu meringankan kebutuhan sembako bagi masyarakat yang benar-benar kategori sangat RTM, mudah-mudahan di tahun berikutnya dana surplus bertambah, sehingga untuk kegiatan sosialnya bisa lebih meningkat lagi", tambahnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Penanggungkawab Operasional Kegiatan (PJOK) Sumberjaya,Ernawati,SE, BKAD Kecamatan Sumberjaya, BPUPK, Fasilitator Kacamatan (FK),BPUK,Lurah/Peratin se Kecamatan Sumberjaya, dan 176 peserta RTM penerima sembako Se-kecamatan Sumberjaya.(duta suhanda @MahameruFMLiwa)

0 Response to "Surplus, UPK PNPM Sumberjaya Bagi Sembako Kepada Rumah Tangga Miskin "

Posting Komentar