Jagalah Kebersihan Liwa Dengan Sedekahkan Sampah Anda

Menjaga Kota Liwa sebagai kota kecil yang bersih indah memang bukanlah pekerjaan yang mudah , ini juga bukan hanya melulu pekerjaan dari petugas kebersiahan , mulai dari tukang sapu juga tukang angkut sampah nya .Menjaga kebersihan Ini adalah suatu pekerjaan merubah perilaku hidup yang butuh proses yang penuh dengan perjuangan dan kesabaran .

Sedekah dengan sampah ! Ya , ini mungkin hanya salah satu metode agar masyarakat juga terlibat aktif menjaga LIwa menjadi kota kecil yang bersih . Adalah Noviardi Kuswan Assisten II Sekretariat Pemkab Lampung Barat yang menyampaikan himbauan tersebut kepada masayarakat Liwa kecamatan Balik Bukit , Lampung Barat . Noviardi menghimbau masyarakat juga aktif menjaga kebersihan lingkungan dengan memulai dari rumah masing-masing. Caranya dengan melakukan pemilahan sampah . Sampah-sampah rumah tangga baik yang organik maupun anorganik di pisah menurut jenisnya .

Untuk yang anorganik kata Novi di pilah menurut jenisnya baik kertas,kaleng,botol kaca ,plastik dan semacamnya. Setelah terkumpul masukkan kedalam wadah plastik . Setelah cukup banyak bisa di jual kepada pemulung atau bisa disedekahkan kepada pemulung-pemulung tersebut . Sedekah ini kata Novi adalah ajaran yang mulya , bila masyarakat Liwa belum mampu untuk bersedekah dengan hartanya , maka sedekah dengan sampah juga adalah hal baik . sementara untuk sampah yang organik bisa dijadikan pupuk organik melalui proses pengomposan .

Salah satu keuntungan dari pemilahan sampah menurut Noviardi Kuswan adalah tidak timbulnya permasalahan dengan bau serta relatif rendahnya potensi penyebaran penyakit apabila sampah dibiarkan berserakan. Ya , semoga dengan makin baiknya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan Lingkungan ini maka Liwa makin menjadi kota yang indah bersih sehat dan asri . (foto duta suhanda @MahameruFMLiwa)

0 Response to "Jagalah Kebersihan Liwa Dengan Sedekahkan Sampah Anda "

Posting Komentar