Menghirup Liwa! Lewat segelas Kopi Hitam (2) .

Minum Kopi (ngupi pai) berhubungan dengan budaya masyarakat Liwa Lampung Barat dalam banyak hal. Minuman kopi memainkan peranan dalam banyak acara . Sulit membayangkan Liwa tanpa ngupi pay!  sejak jaman dahulu , orang-orang di Liwa telah membuat minuman kopi hitam &menikmatinya sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari . Liwa yang berada pada ketinggian antara 800 - 900 dari permukaan laut (dpl) menjadikan kota kecil ini sebagai kota yang beriklim sejuk , minum kopi adalah teman yang hangat bagi mayoritas masyarakat Liwa Lampung Barat , minuman kopi  telah menginspirasi cara berpikir dan tingkah laku masyarakat , ngupi pai teranyam di seluruh denyut kehidupan sehari-hari masyarakat Lampung Barat yang mayoritas pekerjaannya adalah petani dan pekebun

Produksi Kopi bubuk olahan adalah salah satu bagian yang menarik dari budaya minum kopi  berikut karakteristik-karakteristik yang khusus dari berbagai macam merk kopi bubuk hitam Lampung Barat :

Kupi Musong Liwa dan Kupi Suluh Liwa

Kopi olahan Sukardi yang bermerk Kupi Musong Liwa dan Kupi Suluh Liwa di luar negeri juga pernah dirasakan citarasa dahsyatnya di Hongkong,Korea,Siangpura dan Malaysia .Kiat yang terbaik minum Kopi bubuk olahan Sukardi  caranya gunakan air yaηġ bersih dan benar-benar  mendidih, pakai gelas dari keramik dan sendok stenlis, aduk secara merata , tambahkan gula perbandingan 1 sendok makan kopi ,dan  1,5 sendok gula atau sesuai selera ukuran gula menyesuaikan.

Untuk kwalitas Kopi Bubuk Olahan Sukardi yang berada di Pekon Sebarus , Kecamatan Balik Bukit , Lampung Barat ini , untuk kopi bubuk Luwaknya yά̲̣̥ηġ jelas melalui  proses naluri binatang luwak mulai dari seleksi buah biji luwak yang terbaik dan matang sempurna kemudian dipermentasikan dalam perut luwak sehingga kopi tersebut adalah kopi Ϋά̲̣̥ηġ benar-benar matang sempurna Ϋά̲̣̥ηġ dipilih luwak sehingga mempunyai  rasa yaηġ enak dan nikmat bau Ϋά̲̣̥ηġ harum dan fermentasinya dengan enzim luwaknya mampu menambah khas rasa dan mampu mengurangi kadar kafein dan aman dilambung.
Untuk yang Robusta ,Kopi yaηġ dipetik hanya yang merah saja kemudian difermentasikan secara buatan, melalui perendaman dan di olah secara baik sehingga hasilnya hampir sama dengan kopi luwak.
 

Tertarik dengan Kopi “Kupi Musong Liwa dan Kupi Suluh Liwa anda bias hubungi  PIN BB 26F15CF4  hp 081272666900 atau 08578864440, atau ke facebook Kedai Kopi Luwak Lambar dan di www.kedaikopiluwakliwa.blogspot.com
( foto Sukardi )
( duta suhanda @MahameruFMLiwa)

0 Response to "Menghirup Liwa! Lewat segelas Kopi Hitam (2) ."

Posting Komentar