Daun Kering Kopi Antarkan SMAN 1 Liwa,Lampung Barat,Juara Ke - 2 LKTI

Daun kering Kopi (Coffea sp), Pisang (Musa paradisiacal), dan kakao (Theobroma Cacao / Coklat) banyak potensinya di Kabupaten Lampung Barat , tapi sangat disayangkan tidak dimanfaatkan secara optimal bahkan hanya dibiarkan menjadi sampah saja . Melihat kondisi ini dua pelajar SMAN 1 Liwa Lampung Barat yaitu Geta Okta Prayogi dan Isna Atiana terinisiatif melakukan penelitian untuk memanfaatkan daun kopi,pisang dan kakao sebagai bahan baku pembuatan kertas. Dan hasil penelitian tersebut yang tertuang dalam karya tulis didaulat menjadi Juara ke-2 pada acara Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Pelajar SMA Se-Lampung yang diselenggarakan oleh Persatuan Mahasiswa Tehnik Pertanian (Permatep) Universitas Lampung dengan tema " Energi Baru Terbarukan dan Inovasi Tehnologi di Bidan Pertanian ", demikian Nafsiyah Guru Pembimbing SMAN 1 Liwa di Bandar Lampung, Sabtu 24 Mei 2014 . Bila daun kering kopi, pisang, dan kakao (Coklat) bisa dimanfaatkan jadi kertas ini tentu juga dapat mencegah penebangan pohon secara besar-besaran sebagai bahan pembuatan kertas,!" kata Nafsiyah .

"Tahun 2013 SMAN 1 Liwa juara 1 dan 2 , Tahun ini kami bersyukur SMAN 1 Liwa kembali mendapat tempat terhomat di urutan ke-2,!", tambah Nafsiyah. Selain Judul Pemanfaat Daun Kering Kopi,Pisan,Kakao sebagai bahan baku pembuatan kertas, juga terdapat beberapa karya ilmiah Siswa-siswa SMAN 1 Liwa yang masuk Seleksi 10 Besar diantaranya Pemamfaatan Tanah Buruk untuk Tanaman Biomassa tampa mengganggu lahan tanaman pangan karya Fathan abdul aziz sama Latifah Mufida, kemudian Menguji kandungan logam timbal (Pb), mangan TMn)n dan Tembaga (Cu) pada air dengan menggunakan air teh, Nadya Cahyani ama Erika Cahyani. Pembuatan Bioplastik Menggunakan Limbah Ampas Tahu (Glycine Max (L) Merill) dan Pemanfaatan Ekstrak Daun Belutas (Pluchea indica) Sebagai Bahan Baku Pembuatan Dodol Bergizi

LKTI yang berlangsung di Gedung Ilmu Tanah Pertanian Unila tersebut menobatkan Juara 1 SMAN 1 Bandar Lampung dan Juara 3 dari SMA Sugar Group. Sebelumnya Dewan Juri Lomba memutuskan bahwa 10 Tim Terbaik yang melakukan presentasi diantaranya ada 5 Judul dari SMAN 1 Liwa, Lampung Barat , selanjutnya SMA 1 Bandar Lampung, SMAN 1 Talang Padang, SMA Sugar Group 2 judul dan SMA Al-Azhar.

LKTI Siswa Tingkat Pelajar SMA Lampung diselenggarakan Permatep Unila sebagai salah satu kegiatan untuk dapat meningkatkan kreativitas jiwa yang kompetitif, berkarakter, jujur, dan pengetahuan yang lebih luas. Kepada para Juara pada LKTI 2014 ini Panitia memberikan dana pembinaan , Piala dan Piagam .
(duta suhanda @MahameruFMLiwa)

0 Response to "Daun Kering Kopi Antarkan SMAN 1 Liwa,Lampung Barat,Juara Ke - 2 LKTI "

Posting Komentar