Hari Tari Sedunia | Handak Halom di Kuppul Takhi


foto Endang Guntoro Canggu
Masih ingat kalau tanggal 29 April setiap tahunnya diperingati oleh Dunia sebagai Hari Tari Sedunia ?  Nah di Propinsi Lampung Hari itu juga di peringati dengan di gelarnya acara "Kuppul Takhi" ( Menari Bersama) Nonstop / tidak berhenti ,sejumlah penari dari berbagai daerah di Propinsi Lampung ini memeriahkan event yang dilaksanakan di Taman Tugu Adipura Kota Bandar Lampung pada tanggal 29 April 2014.

Sanggar Seni Setiwang Kabupaten Lampung Barat turut berpartisipasi pada event tersebut dengan mengetengahkan tarian tunggal yang berjudul "Handak Halom/Hitam Putih" . Handak Halom tampil cukup mengesankan pengunjung. Sang Penari Nyoman Mulyawan (PNS Lampung Barat) tampil dengan bertelanjang dada dan membawa dua buah topeng sekura . Topeng yang merupakan khas tradisi di Lampung Barat. melalui Handak Halom sang penari mengekspresikan macam sifat/karakter manusia di dunia dengan menggunakan topeng yang berbentuk macam-macam topeng sekura sebagai penggambaran dari sifat baik buruk manusia di dunia.
foto Endang Guntoro Canggu
Kegiatan Kuppul Takhi yang berlangsung sejak pukul 15.00 Wib hingga menjelang malam itu cukup mendapat apresiasi pengunjung ."Sangat menyenangkan melihat atraksi ini, setelah seharian mengalami tekanan pekerjaan" , demikian kata salah seorang pengunjung.

Tari sedunia International Hari (Hari Tari Dunia) yang dirayakan pada tanggal 29 April melalui promosi oleh International Dance Council (CID), sebuah organisasi payung di UNESCO untuk semua jenis tarian.Di antara tujuan Hari Tari adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya tari di kalangan masyarakat umum, serta meyakinkan pemerintah seluruh dunia untuk menyediakan tempat yang tepat untuk menari di semua sistem pendidikan, dari dasar sampai tinggi. Untuk Propinsi Lampung event "Kuppul Takhi" merupakan event yang pertama kali dilaksanakan di propinsi yang kaya ragam kesenian daerah ini . ( duta suhanda @MahameruFMLiwa)







1 Response to "Hari Tari Sedunia | Handak Halom di Kuppul Takhi "

  1. Sangat mengesankan, kesenian memang tiada habis-habisnya memberikan pesona dan keindahannya, terutama seni tari yang menjadi salah satu seni pavorit saya. terimakasih.

    BalasHapus