Kopi Robusta Pagar Dewa Lampung Barat , Berpacu Hasilkan Kwalitas Kopi Organik

 Kopi Robusta merupakan bagian dari cerita kehidupan yang tak terpisahkan dari kabupaten  Lampung Barat. Ada ribuan masyarakat nya yang meneruskan tradisi sebagai petani pekebun kopi robusta. Mereka melewati berbagai pergantian musim dan menikmati ragam kisah hidup di sela~sela ribuan batang kopi. Buah kopi juga bercerita seperti disimbolkan dalam bentuk jumlah biji kopi sebanyak 24(dua puluh empat) buah dengan daunnya 9 lembar yang bermakna tanggal 24 bulan September sebagai hari jadi kabupaten Lampung Barat . Simbol itu terdapat di Lambang Kabupaten Lampung Barat.

Dari luas 60.382,8ha lahan kopi robusta di Lampung Barat,data Biro Pusat Statistik (BPS) tahun 2013 menyebutkan kecamatan Pagar Dewa merupakan penghasil terbesar Kopi Robusta yaitu 9.556,4 ton, kemudian Kecamatan Skincau 6.633,0 ton dan ketiga terbesar adalah kecamatan Air Hitam 5.655,0 ton.

Di Kecamatan Pagar Dewa yang luasnya 110,19km2 para petani kopinya mulai mengikuti kecendrungan yang terus berkembang. Terlebih Seiring 2015 datangnya era Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (ASEAN Free Trade Area, AFTA) , dimana pasar dunia menghendaki produk yang hygienis bebas dari racun kimia apapun. Di Pagar Dewa yang terdiri dari 10 pekon/desa ini adalah Sifaur Rosyid Ketua Kordinator Divisi Petani Organic Maju Jaya pekon Mekarsari, yang terus bergerak untuk mengambil langkah-langkah positif bagi pengembangan perkopian di kecamatan yang beribukota di Pekon Basungan.Gus Rosyid (panggilan akrab Sifaur RosyiD) bersama pemerintah kabupaten Lampung Barat hingga kini aktif mengkampanyekan untuk mengubah gaya pola tanam kopi menuju pola organik selain juga mengenalkan tekhnologi baru dimana masyarakat petani kopi di ajak memakai pola yanglebih ramah lingkungan. “ Kita aktif kampanye Tanpa meninggalkan residu kimia ke dalam tanah utk tanaman kopi di Pagar Dewa ini!” demikian Gus Rosyid.

Sejak tahun 2008 kepada 13 Kelompok Tani (poktan) yang mencakup 733 Kepala Keluarga (KK) kita kampanyekan untuk menghindari pemakaian zat-zat kimia baik pestisida fungisida maupun zat kimia macam apapun dan memberi perlakuan khusus penyiangan dan pemangkasan dengan kearifan lokal. "Alhamdulillah Kopi Robusta dari Pagar Dewa adalah produk yang sudah di nyatakan dan di lebel sertifikasi organik termasuk kopi kita yang sudah di nyatakan aman bebas dari unsur zat kimia. Ini artinya Lampung Barat juga siap go ASEAN 2015 dan bersaing dengan negara lain bukan lagi bersain dengan kabupaten lain!" . tambah Gus Rosyid

Di sini , di Pagar Dewa kita adalah Komunitas tani yang tidak hanya berpikir terpacu dengan kuantitas tapi kita berjuang untuk mampu menghasilkan kopi yang berkwalitas, Tekad kuat ini menyongsong era Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN 2015  demi tercapainya masyarakat tani yang sejahtera berpenghasilan tinggi  yang mampu menghasilkan produk ramah lingkungan.( duta suhanda @MahameruFMLiwa)

2 Responses to "Kopi Robusta Pagar Dewa Lampung Barat , Berpacu Hasilkan Kwalitas Kopi Organik "

  1. lampung emang terkenal dengan produksi kopinya. semoga hasilnya semakin meningkat. salam kenal dari saya Agen Cappucino Cincau

    BalasHapus
  2. Info tentang Kopi Robusta nya sangat menarik. Untuk Info lebih lanjut kunjungi Citra Karya Coffe

    BalasHapus