"Kepaksian Pernong" Akan Meriahkan Gelar Tradisi Komunitas Budaya

Masyarakat Nusantara kembali akan menikmati khasanah ragam kekayaan budaya Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak "Kepaksian Pernong" Lampung Barat . Hal itu diungkapkan Endang Guntoro Canggu perwakilan Kerajaan Adat tersebut pada Rapat Persiapan II Gelar Tradisi Komunitas Budaya yang berlangsung di hotel Grand Inna Muara Padang Sumatera Barat dari tanggal 5 s.d 7 Mei 2014. Kegiatan Gelar Tradisi Komunitas Budaya yang diselenggarakan Direktorat Pembinaan Kepercayaan  Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tersebut akan berlangsung di Propinsi Bengkulu selama 4(hari) dari tanggal 20 s.d 23 Juni 2014 mendatang.

Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak "Kepaksian Pernong" pada presentasinya di rapat Persiapan II tersebut memastikan akan menampilkan warisan budaya kerajaan tersebut seperti pada gelar seni budaya, akan menampilkan tari tradisi dan kreasi kepaksian antara lain : Tari Batin, Tari Sekura, Tari Terakot Kekati, Tari Rakiyan Istinja' Darah, Tari Netah Adok dan lain-lain . Atraksi dari Pendekar Kepaksian juga akan ambil bagian di gelar seni budaya.
Endang Guntoro Canggu dari Kepaksian Pernong bersama Nyoman Mulyawan Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pemuda,Olahraga,Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat pada Rapat Persiapan II Gelar Tradisi Komunitas Budaya di hotel Grand Inna Muara Padang Sumatera Barat  
Pada acara yang akan diikuti 15 Komunitas Adat/Budaya Se-Sumatera tersebut Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak "Kepaksian Pernong" juga akan ikut mengisi gelar upacara adat / tradisi . Adapun materi dari Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak "Kepaksian Pernong" adalah  "Penattahan Adok",  Akan ikut juga pameran dan bazarr, pameran benda - benda pusaka, foto-foto kerajaan, brosur tentang sejarah dan silsilah kerajaan . Sementara untuk Bazaar ditampilkan berupa kain khas, makanan khas kepaksian .

Untuk Sarasehan pada Gelar Tradisi Komunitas Budaya tersebut Kepaksian Pernong akan mengetengahkan Materi tentang adat saibatin. Sarasehan yang akan diisi oleh Seem R Canggu gelar Raja Duta Perbangsa, dan dua(2) peserta sarasehan Raja Paksi + Radin Menang Betanding.

Endang Guntoro Canggu dari Kepaksian Pernong yang hadir pada rapat Persiapan II tersebut didampingi Nyoman Mulyawan Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pemuda,Olahraga,Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat mengungkapkan harapannya bahwa melalui event Gelar Tradisi Komunitas Budaya ini masyarakat nusantara dan dunia semakin mengetahui dan mengenal Warisan ragam budaya dan kesenian tradisional di Kabupaten Lampung Barat . Warisan budaya tersebut masih ada disana,di Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak "Kepaksian Pernong", menunggu anda datang mengapresiasi dan menikmatinya. Menikmati waktu yg berharga. ( duta suhanda @MahameruFMLiwa)

0 Response to ""Kepaksian Pernong" Akan Meriahkan Gelar Tradisi Komunitas Budaya"

Posting Komentar