Cinta Indonesia - ten2five

Ten2Five kembali dengan album Cinta Indonesia

Walaupun di era digital ini banyak yang berpendapat sekarang bukan saat yang tepat untuk mengedarkan album, apalagi album yang dijual fisik, ten2five tetap memutuskan untuk mengeluarkan album ke-7 dengan judul Cinta Indonesia di penghujung tahun 2014 ini.
Album ini adalah gabungan 2 album sebelumnya yang berjudul I Love Indonesia (2010) dan Zamrud Khatulistiwa (2013). Kedua album tersebut berisi kumpulan lagu-lagu daerah populer Indonesia.

Kenapa membuat full album lagu2 daerah?

Jawabannya simpel dan berbentuk pertanyaan. Kalau anda (terutama yg sudah berkeluarga dan punya anak kecil) disuruh mencari lagu daerah untuk referensi atau mengajarkan anak-anak, apa yang anda dapat? Apakah ada banyak lagu-lagu daerah yang dibuat secara ‘serius’ yang bisa didapat di internet? Mungkin jawabannya tidak banyak atau tidak ada yang cocok. Nah, untuk pertanyaan itulah album ini dibuat.

Bagaimana ceritanya sampai akhirnya membuat 2 buah album berisi lagu2 daerah?

Ide membuat album daerah ini pertama kali muncul tahun 2010, pada waktu itu ten2five tampil di acara yang dihadiri gubernur DKI Fauzi Bowo. Ten2Five diminta untuk mengaransemen ulang lagu Kicir-Kicir dan Jali-Jali. Karena sayang dengan aransemen yang sudah ada, akhirnya single itu direkam secara serius di studio dan dibagikan ke radio-radio. Lalu ten2five merekam single Ayam Den Lapeh dan dibagikan juga ke radio.

Ternyata responnya bagus dan banyak permintaan untuk mengaransemen lagu daerah yang lain. Akhirnya diputuskan untuk mengaransemen 8 lagu daerah dan dirilis dalam bentuk album. Album ini kemudian ditawarkan ke beberapa sponsor dan akhirnya dirilis dalam jumlah terbatas dengan judul album I Love Indonesia dan disponsori oleh Circle K.

Ketika diperdengarkan ke pihak Djarum, ternyata direspon baik dan album I Love Indonesia dirilis ulang dengan cover yang baru dan diedarkan secara terbatas pada salah satu acara budaya Djarum.

Kerjasama dengan pihak Djarum berlanjut pada tahun 2013 dengan membuat album daerah kedua yang diberi judul Zamrud Khatulistiwa. Album ini dirilis berbarengan dengan peresmian Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia dan diedarkan secara terbatas. Selain itu, semua lagu di album I Love Indonesia dan Zamrud Khatulistiwa menjadi sound ambience setiap hari di Galeri Indonesia Kaya.

Kenapa merilis album gabungan dr album sebelumnya?

Lagu2 dalam album I Love Indonesia dan Zamrud Khatulistiwa disukai banyak orang dan bisa di download secara gratis, tetapi banyak juga yang ingin mengkoleksi album daerah itu. Karena itu ten2five membuat album gabungan menjadi Cinta Indonesia dan dijual secara fisik.

Semoga album Cinta Indonesia bisa menjadi inspirasi dan salah satu referensi generasi mendatang untuk menyadari bahwa lagu-lagu daerah Indonesia tidak kalah bagus dibanding lagu-lagu import.

Kenapa namanya ten2five? Nama ten2five diambil dari jadwal latihan band yang dilakukan di Australia. Pada tahun 1998, Robin, Poltak, Arief dan Lea secara rutin latihan band setiap hari Sabtu dari jam 10 pagi dampai jam 5 sore di rumah Robin

Gimana ceritanya dari Australia sampai bikin album di Indonesia? Sepulang dari Australia, Robin, Poltak dan Arief melanjutkan latihan rutin. Karena Lea sudah tidak mau main band, akhirnya merekrut Imel untuk vocal dan Didit untuk gitar. Tahun 2003 Imel iseng ikut lomba nyanyi di radio Mustang Jakarta dan menjadi juara 1. Lagunya (I Will Fly) direkam secara akustik dan disiarkan di Mustang. Ternyata respon terhadap lagu itu luar biasa dan menarik perhatian beberapa produser untuk merekrut ten2five. Akhirnya ten2five bekerja sama dengan Blackboard dan melahirkan album pertama I Will Fly yang laku lebih dari 100 ribu copy.

Siapa saja personil ten2five?
Di album 1 personilnya Robin, Poltak, Arief, Imel dan Didit. Seiring berjalannya waktu terjadi pergantian personil. Saat ini personil tetap ten2five Arief, Imel dan Teguh

Album ten2five apa saja?
1.I Will Fly (2004)
2.A Brand New Day (2006)
3.3 (2007)
4.I Love Indonesia (2010)
5.Journey (2013)
6.Zamrud Khatulistiwa (2013)
7.Cinta Indonesia (2014)

Apakah ten2five pernah mendapat penghargaan? Berikut list penghargaan AMI Awards ten2five:
1.Artis Pendatang Baru Terbaik (2004)
2.Lagu Berbahasa Asing Terbaik (I Will Fly) (2004)
3.Lagu Berbahasa Asing Terbaik (You) (2005)
4.Lagu Jazz Terbaik (Lir Ilir)(2013)
5.Lagu Berbahasa Daerah Terbaik (Lir Ilir)(2013)

Cinta Indonesia

1.Sinanggar Tullo [ Sumatera Utara ]
2.Anju Ahu [ Sumatera Utara ]
3.Ayam Den Lapeh [ Sumatera Barat ]
4.Kampuang Nan Jauh Di Mato [ Sumatera Barat ]
5.Tokecang [ Jawa Barat ]
6.Cing Cang Keling [ Jawa Barat ]
7.Kicir Kicir [ Jakarta ]
8.Jali jali [ Jakarta ]
9.Lir ilir [ Jawa Tengah ]
10.Gundul Gundul Pacul [ Jawa Tengah ]
11.Cik Cik Periook [ Kalimantan Barat ]
12.Ampar Ampar Pisang [ Kalimantan Selatan ]
13.Anak Kambing Saya [ Nusa Tenggara ]
14.Anging Mamiri [ Sulawesi Selatan ]
15.Sipatokaan [ Sulawesi Utara ]
16.Hela Rotane [ Maluku ]
17.Rasa Sayange [ Maluku ]
18.Yamko Rambe Yamko [ Papua ]
@MahameruFMLiwa
Hela_Rotane_-Ten2Five_.html

0 Response to "Cinta Indonesia - ten2five "

Posting Komentar