Pasanggiri dan Gelar Seni Sunda di Kebun Tebu Lampung Barat

Bupati Lampung Barat (melambaikan tangan) dan Staf Ahli Bidang Administrasi Pembangunan Pemprov Lampung Taufik Hidayat menaiki Sisingaan menuju lokasi Pasanggiri danSeni Budaya Sunda yang di pusatkan di Pekon TriBudi Syukur, Kecamatan Kebun Tebu, Lampung Barat, Kemarin, Sabtu (13/12). Kegiatan ini di gelar Paguyuban Jawa Barat (Pajar) Provinsi Lampung sebagai upaya untuk melestarikan budaya tradisional dan sarana pemersatu bangsa.
Paguyuban Jawa Barat (Pajar) Propinsi Lampung menggelar kegiatan Pasanggiri dan Seni Sunda yang dipusatkan di Pekon TribudiSyukur Kecamatan Kebun Tebu Lampung Barat Sabtu-Minggu 13-14 Desember 2014 .

Pada Perlombaan acara yang memperlombakan Enam tangkai Perlombaan dan dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus Pajar tiga Kabupaten meliputi Pesisir Barat, Tulang Bawang dan Tulang Bawang Barat tersebut dihadiri oleh Ketua Pajar Lampung Bustami Rusadi, Staf Ahli Bidang Administrasi Pembangunan Pemprov Lampung Taupik Hidayat, Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri,Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial dan Ketua DPC Pajar Lampung Barat Dadang Sumpena.

Bupati Mukhlis Basri dalam sambutannya mengatakan menyambut baik dilangsungkannya kegiatan Pasanggiri dan Lomba Seni Sunda oleh Paguyuban Jawa Barat di Kabupaten Lampung Barat . Lanjut Mukhlis selain untuk melestarikan Seni Budaya Sunda di Bumi Beguai Jejama Sai Betik juga kegiatan dimaksud sebagai sarana pemersatu sesama anak Bangsa." Seni Budaya harus kita lestarikan dan menjadi alat  pemersatu,bukan untuk memecah belah suku." ujar Mukhlis.

Lanjut Bupati Lampung Barat tersebut,sebagai orang Lampung asal suku Sunda sudah menjadi kewajiban untuk bersama-sama mendukung pembangunan daerah," pepatah dimana bumi di pijak  disitu langit dijunjung , tidak ada isitilah Suku Sunda-Suku Jawa,Suku Lampung,Tetapi yang ada adalah Orang Lampung Asal Sunda,Jawa, Bali dan lain sebagainya," ujar Mukhlis .

Senada Ketua Pajar Lampung Bustami Rusadi mengatakan kegiatan dimaksud untuk mempererat tali silaturahmi baik antara sesama orang Lampung Asal Sunda maupun dengan yang lain. Budaya Tradisional, kata Bustami perlu dilestarikan,karena itu yang  menjadi cikal bakal untuk mempertahankan budaya nasional."Khasanah Seni Budaya sebagai pembentuk karakter generasi penrus bangsa,'kata Bustami
@MahameruFMLiwa

0 Response to "Pasanggiri dan Gelar Seni Sunda di Kebun Tebu Lampung Barat "

Posting Komentar