Perjalanan Adat "BEGUKHA SEKARMONG" di Tanah Jawa

Tari BEGUKHA SEKARMONG dan "tari NETAH ADOK" ditampilkan oleh Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Lampung ketika melakukan perjalanan adat ke Kesultanan Kecirebonan yang merupakan bagian dari Keraton-Keraton di Nusantara yaitu Keraton Kanoman dan Keraton Kesepuhan Pada tanggal 8-11 Desember 2014.

Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak membawa dua tarian kerajaan yaitu "tari NETAH ADOK" yang menggambarakan prosesi penobatan Paduka Yang Mulia Saibatin Peniakan Dalom Beliau (YM SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke-23 yang dihelat secara agung pada tanggal 19 Mei 1989, dan "tari BEGUKHA SEKARMONG" tari yang diangkat dari kisah nyata tentang harimau peliharaan Ratu Sekarmong, baginya harimau adalah binatang yang kecerdasan dan kesetiaannya hampir menyerupai manusia.

Kedua tarian tersebut adalah bagian dari prosesi Perjalanan Adat Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Lampung dalam rangka bersilatuhami dan memperat kekerabatan serta saling mengenal adat budaya diantara kerajaan. Rombongan menuju Keraton Kesepuhan dipimpin Pangeran Alprinse Syah Pernong dan YM Peniakan Ratu Ir. Nurul Adiyati Ratu Mas Itton Dalom Ratu Kepaksian Pernong untuk hadir di Kesultanan Kecirebonan .

Tgl 10 Pagi Pangeran Alprinse dan YM Peniakan Ratu melakukan prosesi Ziarah di Makan Sunan Gunung Jati dan pada jam 13.00 rombongan Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak diterima di Keraton Kanoman langsung oleh Pangeran dan YM Ratu Raja Arimbi beserta kerabat Keraton dan pada jam 14.15 rombongan menuju Keraton Kesepuhan disambut langsung oleh YM PRA Arief Natadingrat Sultan Sepuh ke-XIV di Bangsal Utama Kesepuhan.

Perjalanan Adat Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Lampung di penghujung tahun 2014 ini dengan misi Silang Budaya Daerah ke Keraton Kesepuhan dan Keraton Kanoman Cirebon . " Tim Adat berjumlah sekitar 45 orang," demikian dikatakan Endang Guntoro dari Lamban Ugokhan Batin Canggu Kepaksian Pernong kepada Mahameru FM.

Endang Guntoro lebih lanjut menjelaskan Tujuan Silang Budaya adalah dalam rangka bersilaturahim dan untuk lebih mengenal Adat budaya kerajaan lain dinusantara demikian juga sebaliknya Perjalanan Adat Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Lampung  mengenalkan budaya Sekala Brak keluar, materi Silang Budaya adalah menampilkan Kesenian Sekala Brak berupa tari tarian dan lebih dalam melalui pemaparan Adat Budaya Sekala Brak yang akan disampaikan oleh Raja Duta Perbangsa Juru Bicara Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong,
foto-foto @endangguntoro
@MahameruFMLiwa

0 Response to "Perjalanan Adat "BEGUKHA SEKARMONG" di Tanah Jawa"

Posting Komentar