Nilai-Nilai Sosial Kegiatan Melawai / Belangok Masyarakat Lampung Liwa

Belangok adalah aktivitas yang sangat mengasikkan.. Kegiatan belangok ini biasanya dilakukan oleh masyarakat Lampung Liwa menjelang hari-hari besar atau hari keagamaan seperti memasuki bulan suci ramadhan, menjelang hari hari raya atau kegiatan sosial lainnya seperti nayuh/nikahan, atau bedu'a/hajatan biasa.

Belangok sendiri sangat berbeda dengan acara panen ikan seperti yang terlihat, karena belangok sendiri biasanya tidak memiliki motif ekonomi, dengan kata lain bahwa belangok dilakukan bukan untuk memanen ikan lalu di jual tetapi betul-betul hanya untuk memenuhi kebutuhan sebagaimana di sebutkan di atas. Adapun ikan kecil-kecil yang masih tersisa ditinggal/dilepaskan kembali dengan harapan bila ada moment di kemudian hari ikan tersebut sudah bisa di ambil.

Kegiatan ini sendiri biasanya dilakukan oleh orang tua, muda, dan anak-anak disinilah benar-benar fungsi sosial belangok terasa.  Anda belum pernah belangok??  Atau sudah Lama Tidak Belangok??? penasaran datanglah ke Sawah Tua di Liwa
Penulis : Ali Rukman
foto : dokumen duta suhanda
@MahameruFMLiwa

0 Response to "Nilai-Nilai Sosial Kegiatan Melawai / Belangok Masyarakat Lampung Liwa "

Posting Komentar