"Perih" Sebuah Lagu Patah Hati Yang Menyentuh Sekaligus Tragis dari Anderta

Tak ada cinta yang sengaja dijalin untuk mendapatkan akhir menyedihkan. Hal itu pula yang dialami Anderta Depama. Cinta yang pernah ia perjuangkan ternyata harus ia lepaskan.

Secara gamblang Anderta memang ingin mengulang kembali kisah tersebut dalam single terbarunya bertajuk 'Perih'. Sebuah lagu patah hati yang menyentuh sekaligus tragis.

"Sebenarnya kisah ini salah satu kisah cinta terdalam di hidup aku. Cuma daripada jadi sedih terus, lebih baik dituangkan dalam karya dan jadi hal yang positif. Setidaknya sekarang aku bisa senyum tiap kali ingat kisah itu," ujar Anderta.

Untuk melengkapi kisahnya, Pria yang belakangan aktif sebagai produser itu pun sengaja memberi kemasan musik yang lebih sederhana daripada 4 single ia sebelumnya. Kali ini Anderta memang ingin menonjolkan lirik lagu dan karakter vokalnya. 'Perih' hanya diiringi denting piano yang diisi Marcelius Kuswidjatmoko.

"Aku memang nggak pengen terlalu banyak instrumen. Benar-benar sederhana dan mengutamakan lirik. Semua orang pasti punya takaran yang berbeda dalam kisahnya. Dan ini terasa pas," tuturnya.

Untuk membuat single ini akhirnya dilirik ternyata pun tak mudah. Anderta telah mengajukan demo lagu ‘Perih’ dengan aransemen full band dan medium beat. Sayangnya kala itu ‘Perih’ tidak berhasil merebut hati MahakaryaInc sebagai label yang menaungi Anderta.

Setelah merilis empat single bernuansa ceria dengan konsep full band, Mahakarya Inc pun menatang Anderta untuk membuat lagu lebih sederhana. Penggarapannya pun tak mudah. Ia harus beberapa ganti aransemen serta sound piano.Semua proses dijalani Anderta dalam waktu satu tahun.

“Mood lagu ini pun dapetinnya susah. Benar-benar ingin dapat suasana saat itu tuh rasanya mungkin nggak sama. Jadinya beberapa kali take vocal dan revisi,” jelasnya.


Dan aku..Harus melepaskanmu
Meski perih, meski perih
Inginku memperjuangkanmu
Tapi kau tlah memilih.. Mereka



Anderta:

Lahir di Solok dan dibesarkan di Bukittinggi, Sumatera Barat, Anderta Depama telah menyukai musik sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Ia kemudian mulai bernyanyi setelah berada di Sekolah Menengah Pertama. Sejak itu pula Anderta ia mulai membentuk band. Dari satu band ke band lainnya.

Hingga akhirnya perjalanan musik Anderta membawanya ke Ibukota. Ia merilis single perdana 'Jujur Saja' yang merupakan ciptaan Herman 'Seventeen'danDreynando pada 2010. Kemudian disusul dengan single 'Selalu Ada' setahun kemudian. Kali ini Dygo, bassis band Drive yang mempercayakan lagunya kepada Anderta.

Ia kemudian berkolaborasi dengan Gilang Dirga lewat lagu 'Aku Kamu Indonesia'. Beberapa tahun berlalu, Anderta mulai memberanikan diri untuk merilis lagu ciptaannya sendiri. Dimulai dengan lagu 'Kamu Lagi' pada 2015.


Selain masih sibuk bernyanyi, Anderta juga mulai membentangkan sayap bermusiknya sebagai produser. Beberapa penyanyi dan band mulai ditangani Anderta. Pria yang pernah berambut gimbal itu mengaku nyaman bekerja di balik layar. @MahameruFMLiwa 

0 Response to ""Perih" Sebuah Lagu Patah Hati Yang Menyentuh Sekaligus Tragis dari Anderta "

Posting Komentar