"Brighter As One" Single Baru ALEXA , Untuk Masa Depan Bersama Yang Lebih Cerah.

Semenjak kemunculannya melalui album yang bertajuk ‘ALEXA’ sampai album ketiganya yang berjudul ‘Dulu, Kemarin, Sekarang’ yang dirilis bulan Juni 2015 lalu, band yang kini beranggotakan Aqi Singgih, Fajar Arifan dan Satrio ini, memang dikenal sebagai salah satu band yang karyanya cukup dikenal dengan tema-tema cinta dan persahabatan. Terbukti dengan single sebelumnya dari album ‘Dulu, Kemarin, Sekarang’ yakni Pulang, Satu Yang Terpenting dan yang paling terakhir dirilis awal tahun ini yakni Bulan. Namun, ada yang menarik dari single terbaru mereka ini. Apabila diperhatikan lirik lagunya yang seluruhnya berbahasa Inggris ini, sepintas seperti bertemakan cinta. Tapi sebenarnya lagu ini bercerita tentang ajakan untuk semua pendengar agar menjadi lebih bersatu dan tidak mudah dipecah belah.

“Kalo nonton tv atau baca berita akhir-akhir ini, banyak diberitakan soal konflik-konflik yang terjadi ga cuman di Indonesia, tapi di seluruh belahan Dunia. Mulai dari pengeboman yang mengatasnamakan agama, keributan antar suku, tindakan terorisme yang semakin menjadi, sampai perbedaan pendapat antar pendukung calon pemimpin suatu Negara atau daerah. Hal ini yang menurut kami dari ALEXA, bahwa Dunia lagi dalam masalah besar, yakni perpecahan. Isu-isu sosial ini yang mendorong kita untuk akhirnya membuat sebuah single baru yang sifatnya sebuah ajakan dan motivasional”,jelas Aqi sang vokalis yang juga menambahkan dalam siaran persnya bahwa lagu ini merupakan lagu motivasional pertama yang dirilis oleh ALEXA selama hampir 10 tahun perjalanan mereka.

Fajar sebagai drummer dari ALEXA juga menambahkan bahwa sebenarnya single ini bukan berarti mereka mengingkari komitmen mereka yang sebelumnya menjelaskan bahwa seluruh lagu yang ada di album ‘Dulu, Kemarin, Sekarang’ akan mereka jadikan sebagai sebuah single, Namun kejadian-kejadian dan isu-isu sosial yang terjadi belakangan ini semakin mendorong ALEXA untuk membuat sebuah single baru diluar dari album mereka yang terakhir. “Sebenarnya, sejak tahun lalu kita sudah ada niat untuk membuat sebuah lagu motivasional yang sifatnya nasionalis, karena melihat betapa besarnya antusias masyarakat Indonesia terhadap beberapa kejadian yang membawa nama Indonesia. Tapi seiring berjalannya waktu, ternyata isu ini bukan hanya terjadi di Indonesia saja, namun juga merupakan isu global. Maka dari itu, kita sepakat untuk menjadikan lagu ini, dan lebih universal lagi secara tema dan lirik lagunya”,terang Fajar menambahkan.

Beberapa hal yang cukup menarik dari single terbaru ALEXA ini adalah, seluruh lirik dalam lagunya menggunakan bahasa Inggris dan tanggal rilis lagu mereka bertepatan dengan kejadian WTC tahun 2001 lalu. Menurut Fajar, mereka sengaja menggunakan bahasa Inggris dalam lagu ini karena tema yang mereka angkat itu sifatnya universal dan diharapkan bisa diterima secara universal baik tua, muda, hitam, putih, dan tanpa membeda-bedakan bangsa, suku, agama dan ras manapun. “Secara konsep, lagu yang bercerita tentang indahnya persatuan seperti ini sudah pernah dilakukan sebelumnya oleh U2 dengan lagu One mereka, dan kolaborasi yang dilakukan oleh banyak artist di seluruh dunia dengan lagu What’s Going On. Kita dari ALEXA hanya menyegarkan dan mengingatkan kembali”,terang Aqi menambahkan. Sedangkan tanggal 11 September dipilih sebagai tanggal rilis lagunya karena menurut mereka kejadian WTC itu merupakan salah satu kejadian penting Dunia yang cukup emosional dan dirasa cocok dengan tema lagunya.

Lirik dalam lagu ini awalnya diciptakan oleh salah satu teman mereka yang bernama Panca, yang ternyata juga memiliki kekhawatiran dan persepsi yang sama dengan ALEXA atas isu-isu sosial yang sedang terjadi belakangan ini. “Proses pembuatan lagu ini terbilang cukup cepat, karena begitu kita lihat liriknya dari Panca bulan Juli lalu, kita coba bikin aransemen musiknya yang sesuai, trus lanjut mulai recording dan menyiapkan semuanya termasuk video klip yang sudah kita lakukan akhir Agustus lalu”,tutur Satrio yang juga menjelaskan bahwa secara konsep aransemen, lagu yang sifatnya build up, grande dan penuh dengan suasana happy ini juga dibantu oleh beberapa musisi yang sering membantu mereka dalam pembuatan lagu seperti Adrian Martadinata, Agus Kristianto dan Morriz Putra dengan strings-nya. Karena yang mereka harapkan adalah lagu ini dapat menginsipirasi siapapun yang mendengarnya mengenai indahnya persatuan untuk meraih hari esok yang lebih cerah. “Percaya deh, kalo kita semua mengesampingkan ego masing-masing dan menjadi lebih bersatu, kita akan menjadi lebih mudah untuk mewujudkan harapan-harapan kita bersama kedepannya”, tutup Aqi. @MahameruFMLiwa

0 Response to ""Brighter As One" Single Baru ALEXA , Untuk Masa Depan Bersama Yang Lebih Cerah."

Posting Komentar