"Kewer Kewer" Sensasi Ekspresi dan Eksperimen Bermusik Libertaria ft Riris Arista

Setelah sukses dengan single “Ora Minggir Tabrak” yang menjadi soundtrack film Ada Apa Dengan Cinta 2, Libertaria, duo elektronika yang baru berdiri Oktober 2015 lalu, akan merilis album dengan nuansa dangdut. Marzuki Mohammad a.k.a Kill the DJ bersama Balance menyebut album ini sebagai post dangdut elektronika. Judul albumnya sendiri mengambil satu lagu yang direncanakan menjadi hit single, yaitu Kewer-Kewer. Ketika ditanya artinya Kewer-Kewer, Libertaria menolak memberi deskripsi yang presisi, terserah publik mau mengartikan Kewer-Kewer sebagai apa.

Dangdut menjadi pilihan karena Libertaria ingin berkomunikasi dengan lapisan masyarakat paling bawah atau wong cilik. Cara komunikasi yang paling baik adalah menggunakan bahasa yang dipahami. Apapun tema yang ingin dibicarakan, Kill the DJ yang sering menulis lirik hanya beberapa saat menjelang rekaman itu mengaku harus menyederhanakan kata-kata agar mudah dipahami. Lagu dangdut dengan tema sosial memang jarang, apalagi dengan sentuhan elektronika gaya Libertaria.

Pada album Kewer-Kewer ini, Kill the DJ dan Balance bekerja layaknya produser, sebagaimana Majorlazer atau Diplo memproduseri Justin Bieber. Libertaria hanya memproduseri musik yang dipresentasikan oleh penyanyi lain. Maka munculah nama-nama kolaborator seperti: Glenn Fredly, Heruwa (Shaggydog), Farid Stevy (FSTVLST), Riris Arista (penyanyi orgen tunggal asli), hingga teman-teman gitaran dan nongkrong.

Album Kewer-Kewer dirilis pada 18 Mei 2016 melalui press-conference di Rolling Stone Cafe Jakarta, dengan ditandai rilisan video di Youtube untuk hit single Kewer-Kewer dan pemutaran serentak di radio-radio. Bekerjasama dengan SuperMusic.ID, Libertaria merilis album ini secara gratis atau digital free-download melalui website libertaria.id. Sementara untuk distribusi digital dan album fisik berbayar, Libertaria kembali bekerjasama dengan Doggyhouse Records.

Libertaria menyikapi album ini sebagai sensasi ekspresi dan eksperimen bermusik, bukan berarti kemudian Libertaria menambahi namanya dengan O.M. untuk menjadi Orkes Melayu. Kill the DJ dan Balance akan kembali dengan beat-beat EDM model “Ora Minggir Tabrak” dan mantra-mantra.@MahameruFMLiwa

Daftar lagu dengan kolaborator yang terlibat di Album Kewer-Kewer:
1.Kewer-Kewer, featuring Riris Arista
2.Rakyat Bergoyang, featuring Molimo Choir
3.Interupsi, featuring Riris Arista
4.Teruslah Bekerja, featuring Glenn Fredly
5.Mari Mari, featuring Riris Arista, Heruwa, Paksi Raras
6.Orang Miskin Dilarang Mabok, featuring Farid Stevy
7.Jalur Pantura, featuring Paksi Raras
8.Citra Itu Mahal, featuring Riris Arista
9.DNA, featuring Riris Arista, Brodod
10.Nyalakan Api, featuring Riris Arista

0 Response to ""Kewer Kewer" Sensasi Ekspresi dan Eksperimen Bermusik Libertaria ft Riris Arista "

Posting Komentar