"Memang Kenapa Bila Aku Perempuan?" Duet Melly Goeslaw & Gita Gutawa Ost Film Kartini

Kembali Melly Goeslaw menelurkan sebuah lagu yang spesial ia ciptakan untuk soundtrack film yang dinyanyikan secara duet bersama Gita Gutawa. Dengan gaya khas karya ciptaannya, kali ini Melly lugas menerangkan kisah lagu tersebut lewat judul single, 'Memang Kenapa Bila Aku Perempuan?'.

"Judulnya aja sudah menjadi sebuah statement. Sebuah pertanyaan yang dengan mendengarnya saja, saya bisa merasakan pengorbanan dan perjuangan besar. Sebuah semangat yang saya kira berhasil diteruskan perempuan-perempuan sekarang dari sosok Kartini," ujar Melly.

Yup, inspirasi terbesar lagu ini memanglah diambil dari tokoh besar pahlawan Indonesia, Raden Adjeng Kartini. Melly dengan spesial menuliskan lagu 'Memang Kenapa Bila Aku Perempuan?' untuk soundtrack film 'Kartini' dari Legacy Pictures.

Lagu dibuka dengan intro alunan piano yang singkat dan langsung diisi suara Melly yang pasti sudah sangat akrab di telinga pecinta musik. Melly pun tidak bernyanyi sendirian. Ia menggandeng Gita Gutawa untuk menyempurnakan 'Memang Kenapa Bila Aku Perempuan?'. Alhasil perpaduan vokal Melly dan Gita yang tak biasa pun menambah kesan mendalam untuk lagu ini. Lirik yang digubah dengan sangat spesial ini pun menjadi semakin mengena.

Bernyanyi dengan Gita merupakan hal baru bagi Melly. Apalagi diakuinya perbedaan umur yang cukup jauh antara mereka berdua membuat Melly dan Gita menjadi agak kaku pada awalnya.

"Setelah dua kali ketemu akhirnya kekakuan itu bisa mencair, kami mulai nyaman berdiskusi. Gita bukan orang yang cepat puas dan dia juga cukup detail. Jadi saya seperti mendapat partner yang sejiwa," ungkap Melly.

Melly yang diklaim sebagai spesialis pencipta hits untuk soundtrack mengaku cukup kesulitan menggubah lirik 'Memang Kenapa Bila Aku Perempuan?'. Sosok dan kisah hidup Kartini yang luar biasa membuat ia harus berhati-hati dalam menulis lirik.

"Tokohnya real dan sangat dicintai Indonesia bahkan dikenal dunia. Saya jadi sangat berhati-hati sekali dalam menulis liriknya. Biasanya saya bisa cukup dengan mengkhayal saja tapi ini banyak tukar pikiran sama semua yang terlibat di penggarapan film," tuturnya.

Anto Hoed yang mengaransemen 'Memang Kenapa Bila Aku Perempuan?' pun dengan lihainya meletakkan masing-masing komponen dengan rapih. Orkestrasi yang terdengar sangat sederhana namun sanggup menggiring suasana. String yang seperti bersahut-sahutan menyatu dengan denting piano. Dan pasangan ini tahu benar bagaimana memindahkan lagu yang didengar dengan telinga ke dalam hati pendengar.

Film 'Kartini' yang disutradarai Hanung Bramantyo itu dibintangi Dian Sastrowardoyo sebagai Kartini, dan didukung juga oleh para bintang papan atas Indonesia, seperti Christine Hakim, Acha Septriasa, Ayushita, Denny Sumargo, Reza Rahadian, Adinia Wirasti, dan banyak lagi. Rencananya film ini akan dirilis pada tanggal 20 April 2017, sebagai persembahan spesial menyambut perayaan Hari Kartini di layar lebar.

Sebelum kembali mengingat perjuangan sang pahlawan, hati-hati terhanyut dengan 'Memang Kenapa Bila Aku Perempuan?'.

Semua berawal dari mimpi
Hanya kita yang bisa mewujudkan
Sampai dimana batasnya pengorbanan
Sedang pengabdian tak pernah berhenti

Aksara yang menari diatas awan
Cukup jelas menuliskan harapan
Memang kenapa bila aku perempuan?
Aku tak mau jadi budak kebodohan
@MahameruFMLiwa 

0 Response to ""Memang Kenapa Bila Aku Perempuan?" Duet Melly Goeslaw & Gita Gutawa Ost Film Kartini "

Posting Komentar